Konsisten dan Disiplin Jadi Kunci Kuatnya Performa Balap Orel Lubis

By: Delisti Putri Utami | 17/04/2023 | 472
Konsisten dan Disiplin Jadi Kunci Kuatnya Performa Balap Orel Lubis
Konsisten dan Disiplin Jadi Kunci Kuatnya Performa Balap Orel Lubis

VMXMEDIA.ID – INDONESIA telah melahirkan banyak atlet berbakat di berbagai olahraga. Tak terkecuali di dunia motocross. Di antara bintang-bintang muda motocross, yang sedang naik daun adalah Orel, seorang pembalap muda yang menjanjikan dan telah menunjukkan potensi besar.

Pembalap dengan nama lengkap Akbar Aureliansyah Lubis ini merupakan pembalap motocross potensial asal Yogyakarta. Selama musim 2023 ini, ia disibukkan dengan kejuaraan internasional. Saat ini, misalnya, ia tengah mengikuti kompetisi European Motocross Championship.

Pembalap kelahiran 22 Maret 2007 ini dikenal sebagai pembalap yang memiliki fisik paling konsisten dan selalu mempersiapkan balapan dengan baik. Konsistensi yang dimiliki Orel, mengantarkannya jadi salah satu pembalap motocross muda terbaik Indonesia.

Selama di Indonesia, keseharian Orel disibukkan dengan sekolah, latihan, dan kompetisi. Biasanya ia rutin latihan balap Senin-Jumat, dan latihan fisik hampir setiap hari. Untuk lebih menguatkan performa, latihan fisik yang ia lakukan didukung dengan aktivitas olahraga lainnya, seperti badminton, basket, dan sepeda.

Jika sedang latihan motor, sang pelatih selalu memberi pembalap bernomor start #22 ini target lebih. Jika waktu balapan 125cc itu 25 menit, ia akan ditarget untuk bisa bertahan hingga 30-35 menit. Terbukti, dengan latihan secara intens dan disiplin, fisiknya selalu dalam keadaan prima. Ia juga lebih mudah memainkan ritme balapan.

Menurut sang ibu, Diah Emilia Sari, Orel merupakan anak yang selalu memegang teguh komitmen. “ Kami sebagai orang tua tidak pernah repot. Orel mempunyai keinginan sendiri untuk balapan. Ia selalu konsisten, berkomitmen, dan bertanggung jawab dengan keinginan dan pilihannya itu,” jelasnya dalam sebuah wawancara di kanal YouTube VMX.ID.

Dalam hal karier balap, pembalap yang hobi bermusik ini sudah mulai bermain motor sejak usianya 3 tahun. Dari situlah, ia dengan cepat mengembangkan hasrat untuk olahraga ini dan mulai berkompetisi dengan debut di kelas 50cc. Secara prestasi, pertama  ia masuk 15 besar, 10 besar, hingga akhirnya konsisten masuk 5 atau 3 besar seiring dengan peningkatan kemampuan balapnya.

Beberapa prestasi yang pernah ditorehkan Orel adalah Juara Nasional Motocross 2014 SE 50cc, Juara Nasional  Motocross 2016 SE 65cc Novice, Juara Nasional Motocross 2019 SE 65cc Pro, Juara 1 Supercross 2018 SE 65cc Pro, Juara 1 PON XX Papua 2021, dan lain-lain.

Terus berjuang, ya, Orel! Jangan biarkan hambatan atau rintangan menghalangi jalanmu menuju keberhasilan. Semoga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.