Jadi Pembalap Spanyol Pertama yang Rebut Mahkota Juara Dunia MXGP 2023, Siapa Sebenarnya Jorge Prado?

By: Delisti Putri Utami | 22/09/2023 | 400
Jadi Pembalap Spanyol Pertama yang Rebut Mahkota Juara Dunia MXGP 2023, Siapa Sebenarnya Jorge Prado?

VMXMedia.ID – JORGE Prado Gracia telah mencatatkan namanya dalam sejarah motocross sebagai pembalap Spanyol pertama yang meraih gelar Juara Dunia MXGP. Pada putaran ke-18 dari total 19 putaran Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) yang digelar di Maggiora, Prado berhasil merebut mahkota juara setelah memenangkan balapan pertama di Italia dan mengambil keuntungan dari pesaing utamanya, Romain Febvre.

Kemenangan bersejarah Prado datang dalam balapan pertama MXGP Italia. Saat Febvre menghadapi masalah teknis yang menghentikannya finis, Prado melaju dengan gemilang dan menyelesaikan balapan dengan hasil positif. Kemenangan ini membawa Prado meraih gelar Juara Dunia  MXGP pertamanya, menjadikannya sebagai salah satu pembalap terbaik dalam sejarah Kejuaraan Dunia Motocross.

Jorge Prado, yang lahir pada 5 Januari 2001, adalah seorang pembalap motocross profesional asal Spanyol yang telah berkompetisi di Kejuaraan Dunia Motocross sejak tahun 2016. Namanya menjadi sangat dikenal ketika ia berhasil memenangkan gelar Juara Dunia MX2 pada tahun 2018 dan 2019 sebelum akhirnya mencapai puncak karier dengan gelar  Juara Dunia MXGP pada 2023.

Perjalanan karier Prado dimulai pada usia yang sangat muda, ketika dia mulai mengendarai sepeda motor pada usia tiga tahun. Pada usia enam tahun, ia sudah terlibat dalam kompetisi balap pertamanya, dan dia memenangkan balapan pertamanya saat berusia tujuh tahun. Keluarganya bahkan pindah ke Lommel, Belgia pada tahun 2012 untuk mendukung perkembangan kariernya.

Prestasi awalnya termasuk kemenangan dalam Kejuaraan Dunia Motorcross FIM Junior 65cc dan Kejuaraan Motocross Eropa 65cc pada tahun 2011. Kemudian, pada tahun 2015, Prado memenangkan Kejuaraan Motocross Eropa 125cc, menunjukkan bakatnya yang luar biasa di dunia olahraga garuk tanah.

Pada 2016, Prado membuat debutnya di kategori MX2 pada Grand Prix Belgia, dan dalam waktu singkat, dia menjadi pembalap Spanyol pertama yang memenangkan Grand Prix motocross di MX2 pada tahun 2017. Dia terus meraih sukses, memenangkan 3 Grand Prix dan naik podium sebanyak 5 kali dalam perjalanannya menuju posisi ke-7 dalam klasemen MX2 pada tahun tersebut.

Prestasi puncak Prado datang pada tahun 2018 ketika dia meraih gelar Juara Dunia MX2. Dia memenangkan 12 Grand Prix dan finis di podium sebanyak 17 kali dari 20 balapan yang diikutinya.

Kesuksesannya berlanjut pada tahun 2019 saat dia berhasil mempertahankan gelar MX2 dengan mencatatkan 16 kemenangan dari 18 Grand Prix yang dijalani, serta naik podium di setiap balapan yang dia ikuti pada tahun itu.

Pada 2020, Prado melakukan debutnya di kelas MXGP bersama tim KTM. Meskipun ini merupakan tahun debutnya di kelas tersebut, dia berhasil meraih 3 kemenangan Grand Prix dan naik podium pada 8 dari 18 putaran, menempatkannya di posisi ke-6 dalam klasemen akhir kejuaraan.

Pada tahun-tahun berikutnya, Prado tetap bersama tim KTM dan kemudian bergabung dengan Red Bull GasGas Factory Racing pada 2022, Prestasi terbarunya adalah meraih Kejuaraan Dunia MXGP 2023 pada putaran ke-18 di MXGP Maggiora, Italia, yang membuatnya menjadi pembalap Spanyol pertama yang meraih gelar juara di kategori ini.

Jorge Prado telah membuktikan bakat dan dedikasinya dalam dunia motocross, dan dengan gelar MXGP terbarunya, ia akan terus menjadi sosok yang dihormati dalam motocross internasional. Kita dapat dengan bangga menyaksikan perjalanan karier gemilang pembalap muda berbakat ini yang memenuhi janjinya untuk mencetak sejarah.