Profile

DIVA ISMAYANA- Santun dan Disiplin Juga Powerfull

By: VMX Media | 17/08/2022 | 1237
DIVA ISMAYANA- Santun dan Disiplin Juga Powerfull

NEWS.VMX.ID- Dikenal sebagai crosser santun tapi performanya berbahaya jika sudah di lintasan sirkuit. Biasa berlaga di kelas MX2 Open dan selalu mengemas podium dalam setiap kejuaraan motocross.

Adalah Diva Ismayana yang selalu solid dalam menempatkan diri untuk berkomunikasi dengan team crew Bali MX. Tujuannya antara masukan teknis dan non teknis sebagai bagian mengatasi kebutuhan untuk perlombaan.

Sosok penting dalam karir Diva Ismayana#26 adalah Tjok Vicky Wibisana Sudharsana yang telah membina dan membesarkan karir balapan Diva Ismayana sejak usia 5 tahun. Hingga kini berusia 22 tahun, perhatian, pembinaan dari legenda balap dan tokoh racing Pulau Dewata ini tak pernah padam. Boss Bali MX yang juga pengurus IMI Bali ini, sebagai kartu As eksistensi pebalap yang baru saja balap di MXGP 2022 putaran 12 di Samota NTB sebagai wildcard kelas MX2.

Dalam kesehariannya,Diva Ismayana komitmen dalam mengawali tingkat disiplinnya. Dengan niat berikut inisiatifnya dalam menetapkan kapan waktunya full berlatih memperdalam manage mengatur ritme porsi tenaganya dalam setiap balapan.

Pebalap yang tetap setia dengan Bali MX Team dan selalu patuh pada leadernya, Tjok Vicky ini menjalani rutinitas berbagai latihan fisik. Durasi latihan fisik minimal dua jam, antara lain gym, renang, bersepeda hingga berlatih fisik sekaligus teknik dengan motor besutannya.

Kegiatan berlatih fisik pebalap kelahiran 26 Oktober 2000 ini, selalu ada menu angkat barbel, push up dan treadmill hingga surfing. Diva Ismayana berlatih rutin dengan motor berikut latihan fisik maksimal lima kali dalam seminggu di Sirkuit Tengkudak Tabanan, Bali.

Pola latihannya menekankan, tingkat pressure selama 15 menit awal, hingga mendapatkan posisi paling aman. Lalu, fokus pertahananannya dengan mengunci track line. Dalam berlatih, Diva prioritaskan hal krusial yang selalu terjadi dalam balapan, yaitu memanage stamina sebelum 20 menit sangat penting.Baginya yang telah dirasakan ketika balapan, lepas waktu 20 menit ke atas adalah situasi rawan terkuras nya stamina. Makanya balap motocross, suasana lomba pasti ketat sejak gerbang start hingga 15 menit kedepan, selebihnya kebanyakan pebalap hanya bertahan dengan kecepatan yang sama sambil mempertahankan RPM mesin.


Makanya sejak kelas 85cc,ketika balapan Diva fokus dan konsentrasi mengatur konsumsi stamina, agar tidak cepat habis di 10 menit akhir. Baginya, ujian bagi seluruh pebalap motocross adalah konsisten tidaknya fisik dan kebugarannya.

Dalam olah jadwal latihannya selalu prioritaskan juga pola denyut jantung, mengatur nafas, denyut jantung dan tekanan darah, sebagai penentu konsistensi ketika balapan.

Jangan heran Gusti Ngurah Diva Ismayana dengan naluri Kinestetic bawaan lahir, hanya dengan melihat sudah bisa menerapkan hal yang dilihatnya. Konsentrasinya juga berupa maksimal tidur jam 22.00 dan bangun paling telat jam 7an di sinergikan dengan pola gizi.

Dalam hal konsumsi makanan, Pebalap yang hobi melukis ini setiap pagi dengan komposisi masih putih 1,5 sendok dan dua butir telur rebus setengah matang. Juga tambahan daging ayam fillet ukuran 1 dada ayam dimasak setengah matang. Juga setiap sebelum jam tidur dan jam bangun tidur, konsumsi susu Greenfield, dalam satu hari 2 gelas berisi 300 cc/gelas.

Pebalap setia mengabdi untuk Bali MX milik Tjok Vicky ini singkron dalam menyiapkan performancenya antara mengolah fisik dan memperdalam teknis berkompetisi.
Bahkan karirnya selain Juara Nasional Motocross dan Juara Asia Supercross 2019 ini juga cemerlang di ajang balap Supermoto Nasional dan Internasional.

Diva yang termotivasi oleh idolanya Ken Roczen tersebut, mencetak sejarah dengan menjadi crosser pertama Indonesia menjadi juara Asia Supercross di Filipina.

Tjok Vicky selalu memotivasi prinsip Diva Ismayana yang menyatakan siap untuk go international.Prestasinya di PON XII Papua menunjukan performanya kompetitif dengan Delvintor dengan meraih medali perak kelas perseorangan.

Kehadiran Diva Ismayana#26 di lintasan Motocrokss, menjadi warning bagi para pesaingnya. Diva yang juga konsisten membesut Kawasaki ini juga telah mengantongi award sebagai Rider The Best Asia di Macao tahun 2019. Karir motocross Internasional dengan meraih podium ketiga International Motocross di Kuwait 15-16 Maret 2019

Kroser yang telah meraih gelar juara motocross sejak usia tujuh tahun ini selalu berprinsip” Ketika kamu berfikir untuk berhenti, pikirlah kembali kenapa kamu
memulainya”. Yang mengandung pesan selalu memulai dan mengakhiri dengan pemikiran positif.

Daftar Prestasi Diva Ismayana:

2017: #3 – FIM ASIA Motocross 2017
@Circuit STA Monica Race Track Puerto Princesa, Philippines

1 – NATIONAL CHAMPIONSHIP

Indonesia Supermoto Championship OPEN PRO
NEWCASTLE International Supermoto Championship 2017,
Australia
2018 Runner Up “Power Track & Supercross Indonesia”
Runner Up “Indonesia Supermoto Championship”

17 Dunia: MX GP Semarang Seri-1

2019: #3 – KUWAIT International Motocross Championship 2019.

1 – PowerTrack R. 2, Cirebon, JABAR

1 – MX2 CHAMPION – ASIA Supercross Championship

2019, Manila Philippines.

2 – MX2 RUNNER UP – Indonesian Powertrack & Motocross

Championship 2019

1- FIM ASIA SUPERCROSS CHAMPIONSHIP 2019 –

Philippines (23 – 24 November 2019)

1 – EMAS (Beregu) PRA-PONXX 2021-Papua

2020: Freeze (Pandemic. – COVID 19)
2021: #2 – PERAK (Perorangan), PONXX 2021-PAPUA
2022: INA – MXGP, World Motocross Championship 2022
SAMOTA SUMBAWA (25-26 June 2022)- Wild Card from
Indonesia

2 – INDONATION MX R.2 – Tambak Rejo – Sleman, Jateng

(2 & 3 July 2022)

3 – INDOMX National Championship – Seri 1, Soto Sanur,

Lamongan, JATIM (5 & 6 August 2022)