Profile

Inilah Target yang Ingin Dicapai Berkah Sayyidah Mandiri 313 di 2023

By: Ramadhan Abizar | 16/01/2023 | 1688
Inilah Target yang Ingin Dicapai Berkah Sayyidah Mandiri 313 di 2023
Ketiga Pebalap Berkah Sayyidah Mandiri 313 (dari kiri ke kanan): Sandi Irawan#313, M. Excel#100, M. Athar Al Ghifari#23

VMX.ID – Sebuah keisengan akan terasa sangat “berarti” apabila keisengan tersebut bisa menghasilkan sesuatu yang positif. Kemudian, dari sesuatu yang positif tersebut, lahirlah berbagai macam pencapaian serta prestasi yang bukan main. 

Barangkali keisengan yang berujung pada sesuatu yang positif ini dialami oleh Berkah Sayyidah Mandiri 313 (BSM 313), sebuah racing team khusus motocross dan grasstrack asal provinsi Banten yang didirikan H. Hikam Almurtadho. Racing team yang terbentuk pada awal 2022 ini berawal dari keisengan ingin memiliki motor Ninja.

“Jadi kami terbentuk awalnya untuk support tim-tim balap adventure di 2021, terus tahun 2022 kami iseng ingin punya satu motor Ninja. Lalu kami tertarik untuk bikin tim grasstrack, bikin-bikin event, dan bikin tiga set motor untuk pebalap,” ujar Sandi Irawan, salah satu anggota Berkah Sayyidah Mandiri 313 saat dihubungi melalui sambungan WhatsApp, Kamis [12/1] 2023 lalu.

Mengenai filosofi di balik nama “Berkah Sayyidah Mandiri”, nama “Sayyidah” memiliki arti “rajanya ayat dalam Al-qur’an”, sedangkan “berkah” dan “mandiri” di ambil dari barokah yang didapatkan sang pemilik, H. Hikam Almurtadho dalam membaca ayat kursi sehingga bisa hidup mandiri.

Adapun filosofi di balik angka “313” ini dapat dikatakan cukup unik. H. Hikam Almurtadho pernah melakukan puasa selama 313 hari atas permintaan dari sang Ayah, serta membaca ayat kursi sebanyak 313 kali atas permintaan dari sang Ibu. Terbukti setelah melakukan permintaan dari kedua orang tuanya tersebut, rezeki seolah tak berhenti mengalir terhadap Hikam. Usaha Hikam menjadi semakin maju dan kehidupan Hikam pun menjadi semakin berkah.

Sandi menuturkan bahwa dalam Berkah Sayyidah Mandiri 313, suspensi dan mesin pada motor harus dimaksimalkan secara penuh dan dibuat senyaman mungkin. Mengingat dua unsur pada motor ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menghindari motor dari bahaya yang menghampiri ketika melewati jalur dengan medan yang tidak merata.

“Hal yang menjadi nomor satu bagi kami adalah suspensi pada motor harus dimaksimalkan secara full dan dibuat senyaman mungkin biar jokinya aman,” ujar Sandi. 

Saat ini, Berkah Sayyidah Mandiri 313 memiliki tiga orang anggota. Ketiga anggota tersebut antara lain adalah Sandi Irawan #313, M. Excel #100, dan M. Athar Al-Ghifari #23. 

M. Excel#100, pebalap Berkah Sayyidah Mandiri 313 saat melakukan latihan balap di sirkuit Grand Wisata Bekasi, Minggu [8/1] lalu (foto dok. BSM 313/Iwank Cessa)

Ketiga anggota ini berada pada fokus balap yang berbeda. Sandi Irawan fokus pada balap grasstrack, sementara Excel dan Athar fokus pada grasstrack dan motocross. Diketahui, Athar juga merupakan anggota dari Karunia Mandiri Sport (KMS).

M. Athar Al Ghifari saat setelah latihan balap di sirkuit Grand Wisata Bekasi, Minggu [8/1] lalu (foto dok. BSM 313/Iwank Cessa)

Sandi mengaku bahwa treatment khusus yang diterapkan Berkah Sayyidah Mandiri 313 ini sebagaimana treatment yang diterapkan racing team pada umumnya, yaitu berupa latihan fisik dan latihan motor. Adapun latihan fisik yang diterapkan BSM 313 seperti lari, renang, dan push-up.

“Kami melakukan latihan seminggu tiga kali. Yaitu di hari Selasa, Rabu, dan Kamis,” ujar Sandi.

Untuk motor, Berkah Sayyidah Mandiri 313 menyediakan motor yang terbagi ke dalam dua kelas: grasstrack dan motocross. Untuk grasstrack, BSM 313 menggunakan bebek modif berkapasitas 130cc, Jupiter 130cc, Ninja 150cc, Yamaha WR250, dan Honda CRF250. Sementara untuk motocross, BSM 313 menggunakan KTM SXF250. 

Sejauh ini, prestasi yang telah diraih Berkah Sayyidah Mandiri 313 antara lain sebagai Juara Umum Bupati Bogor Open Grasstrack (kategori Bebek Standar dan Bebek Modif), dan Juara Umum FFA Open 2022.

“Di tahun 2022 lalu, BSM 313 belum bisa fokus menjadi juara. Maka dari itu, di tahun 2023 ini, kami akan lebih fokus menorehkan berbagai prestasi,” ujar Sandi. 

Menurut Sandi, target yang ingin Berkah Sayyidah Mandiri 313 capai di 2023 adalah ingin meraih berbagai prestasi kejuaraan di event tingkat nasional, salah satunya adalah dalam event JC Supertrack.

“Kami berharap semoga Berkah Sayyidah Mandiri 313 bisa lebih baik dari sebelumnya serta event balap makin banyak sehingga kami bisa lebih fokus meraih juara,” ujar Sandi sembari menutup percakapan.