Profile

In Memoriam Tara Pandya Danadipa Hidayat, Pembalap Cilik Berkarisma yang Cerdas dan Penuh Konsistensi

By: VMX Media | 06/10/2022 | 712
In Memoriam Tara Pandya Danadipa Hidayat, Pembalap Cilik Berkarisma yang Cerdas dan Penuh Konsistensi

NEWS.VMX.ID – Kabar duka kembali menyelimuti dunia motocross Indonesia. Tara Pandya Danadipa Hidayat, salah satu aset balap motocross Indonesia, telah meninggal dunia di RS. Dharmais, Jakarta akibat leukemia. Berita meninggalnya pembalap motocross ini disampaikan oleh Taufan Hidayat, ayah almarhum, pada (27/9).

Tara Pandya Danadipa Hidayat mengenal dunia motocross dari sang ayah yang juga hobi dan eksis di dunia motocross. Kemampuan Tara Pandaya Danadipa dalam bermain motocross kemudian lebih diasah lagi oleh Agi Aggasi, juara nasional motocross, dan Erick Djam, instruktur Djakarta Akademi Motocross.

Anak kedua dari pasangan Taufan Hidayat dan Astri Eka Marthia ini mulai latihan motocross sejak usinya masih lima tahun dan perdana debut di kejuaraan Powetrack 2018 di kelas 50cc. Pembalap yang tergabung di TristanTara Racing Team ini termasuk ke dalam jajaran pembalap yang sangat potensial karena mempunyai kemampuan mencerna dan kecermatan yang tinggi saat beraksi di trek.

Almarhum Tara Pandya Danadipa Hidayat adalah sosok yang ceria, cerdas, dan cekatan. Rekannya sesama pembalap berkomentar bahwa gaya humanis dan caring almarhum mampu menciptakan keceriaan saat mereka semua mengobrol di sela-sela perlombaan.

“Tara kalau punya sesuatu pasti sharing, terbuka, dan selalu care kepada kawan-kawannya. Ke Djano, banyak banget obrolan berkualitas yang dia omongin dengan keceriaan khasnya Tara,” tutur Djanoko Mahija, sahabat dekat almarhum yang juga merupakan seorang pembalap.

Sebagai pembalap, almarhum Tara Pandya Danadipa Hidayat mempunyai karakter yang selalu konsisten ketika berkompetisi. Menurut mentornya, pembalap bernomor start#99 ini sangat cepat memahami masukan yang diberikan kepadanya dan selalu eksis mengikuti kejuaraan motocross. Pernah suatu ketika ia menuturkan bahwa dirinya merasa senang sekali pada saat menggapai podium pertama untuk kelas MX20CC di kejuaraan Indiel Series 2020 dan Grand Wisata Bekasi 2019.

Kini, pembalap kelahiran 31 Oktober 2012 ini hanya tinggal dalam kenangan, meninggalkan keluarga serta pegiat dan komunitas motocross Indonesia.

Selamat jalan Tara Pandya Danadipa Hidayat#99. Konsistensi, kecerdasan, dan kebaikan kamu akan selalu terkenang.