Untuk Menantang Kekuatan Mesin dan Fisik Pembalap, Sirkuit MPS Pandeglang Siapkan Layout Berbeda  

By: VMX Media | 09/05/2023 | 329
Untuk Menantang Kekuatan Mesin dan Fisik Pembalap, Sirkuit MPS Pandeglang Siapkan Layout Berbeda  

PANDEGLANG, VMXMedia.ID – Tahun ini, Pandeglang kembali diramaikan oleh putaran pertama kejuaraan nasional motocross. Tepatnya, di sirkuit MPS Motorsport Pandeglang, Banten.  

Setelah sekian lama, sirkuit yang menjadi langganan kejuaraan nasional ini, untuk musim balap 2023, kembali digunakan untuk pergelaran kejurnas. 

Sirkuit MPS Motorsport dibangun pada 2010. Semenjak itu, sirkuit tersebut dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan Kejurnas Grasstrack Region 2. Adapun sirkuit yang berlokasi di Tapos, Pandeglang, Banten ini, dimiliki H. Mohammad Aspuri HZ, atau akrab disapa Abah. 

MPS adalah kepanjangan dari PT Mitra Panglima Sejahtera. Perusahaan ini merupakan dealer sepeda motor Honda di Pandeglang, Banten. Selain dealer, perusahaan ini juga memiliki sirkuit dan tim balap motocross.  

Sirkuit MPS berkali-kali mengalami perubahan layout untuk menyesuaikan teknologi motor dan skill pembalap. Perubahan layout tersebut terakhir dilakukan pada 2017, kemudian diubah kembali dalam rangka persiapan Kejurnas Motocross 2023.  

Sirkuit MPS memiliki panjang lintasan 1200 meter, dengan kombinasi antara tikungan dan obstacle. “Kami melakukan perubahan dari segi desain, kali ini sirkuit di-setting lebih kuat untuk adu kecepatan di lintasan datar, dengan jumping dan tikungan yang bervariasi. Ini juga menjadi penentu bagi pembalap untuk berada di podium 1,” ujar Fachmi Muhammad, Ketua Pelaksana Kejurnas Motocross Round 1 Pandeglang.  

Layout sirkuit MPS Pandeglang, Banten, untuk Kejurnas Motocross Putaran I (foto dok. MPS)

Bagi pembalap kelas Motocross (50, 65, 85,125, MX2, MX1), MX Executive (Special Engine Executive A, Special Engine Executive B, Special Engine Expro A, Special Engine Expro B), dan Grasstrack (Bebek Standar Pemula, FFA Pemula Banten, Bebek Modif Open, FFA Open), bersiaplah! Ini akan menjadi momen untuk mencetak sejarah baru dalam dunia motocross dan grasstrack Indonesia. (ndr)