BANDUNG, VMXMedia.ID – Sebuah gebrakan besar terjadi dalam dunia balap sepeda motor di Australia, dengan disetujuinya partisipasi Stark VARG dalam serangkaian kompetisi bergengsi, termasuk MX1 dan MX2 di semua acara klub dan antar klub mulai tahun 2024. Keputusan ini tidak hanya mencerminkan dorongan terhadap inovasi teknologi, tetapi juga mengakui tren pesat sepeda motor bertenaga listrik di dunia otomotif.
Dalam konteks perubahan dinamika balap sepeda motor global, badan pengatur utama, Motorcycle Australia (MA), telah memberikan persetujuan khusus untuk Stark VARG, mengukuhkan posisinya sebagai pesaing serius dalam era sepeda motor listrik. Sebelumnya, Stark Varg tidak bisa mengikuti berbagai kompetisi karena terkendala regulasi.
Di tengah evolusi pesat industri sepeda motor, adaptasi terhadap teknologi bertenaga listrik menjadi kunci keberlanjutan. Keputusan MA untuk memperbolehkan mesin listrik dalam kompetisi tertentu merupakan langkah strategis, menyelaraskan diri dengan pergeseran global menuju mobilitas berkelanjutan.
Dalam pernyataan resmi, MA menegaskan kesadaran akan pentingnya mengintegrasikan sepeda motor listrik secara bijaksana. Dengan meningkatnya ketersediaan mesin listrik bagi masyarakat umum, langkah ini diarahkan untuk memastikan pengembangan teknologi yang adil dan kompetisi yang sehat.
Seiring dengan persetujuan ini, MA merilis Buletin Informasi #2051, menetapkan pedoman ketat untuk menjamin persaingan yang seimbang dan adil di segala tingkatan kompetisi. Pedoman tersebut mencakup sejumlah disiplin balap, termasuk motocross, enduro, dirt Track, track, flat track, dan supermoto, mulai berlaku pada 1 Januari 2024.
Pentingnya keadilan terlihat dari pedoman yang jelas, seperti penggunaan Lampiran D dari Manual Sepeda Motor Sport yang memastikan semua mesin mematuhi standar tertentu. Output daya mesin listrik, termasuk Stark VARG, diatur dengan cermat untuk memastikan persaingan yang kompetitif, dengan batasan maksimum 60hp/45kW untuk kelas MX1 dan 48hp/36kW untuk kelas MX2.
Keputusan MA tidak hanya menetapkan batasan output daya tetapi juga menekankan pentingnya keberlanjutan dan fleksibilitas. Pada acara klub, antar klub, dan klub terbuka, mesin listrik diizinkan bersaing dalam kelas MX1 & MX2 atau setara, dengan persyaratan kekuatan yang dikunci oleh pejabat teknis atau pengawas sebelum kompetisi.
Dalam kejuaraan tingkat negara bagian dan nasional, Stark VARG hanya diperbolehkan berkompetisi di kelas MX1, memastikan tantangan yang sebanding dan kompetisi yang ketat. Informasi tentang cara mengunci output daya Stark VARG menjadi pedoman penting untuk menjaga integritas dan persaingan yang sehat.
Persetujuan ini bukan akhir dari perjalanan, melainkan awal dari era baru balap sepeda motor di Australia. MA menyadari, lanskap balap akan terus berkembang, dan keputusan ini dapat disesuaikan seiring waktu dan pengalaman. Sebagai bukti komitmennya, MA merilis pernyataan yang menegaskan, data yang dikumpulkan selama tahap awal ini akan menjadi dasar untuk potensi revisi, termasuk penilaian kelayakan mesin listrik untuk kelas atau disiplin tambahan. (dpu)