Sah! Jorge Prado, Pembalap asal Spanyol, Resmi Dinobatkan sebagai Juara Dunia MXGP 2023

By: VMX Media | 18/09/2023 | 292
Sah! Jorge Prado, Pembalap asal Spanyol, Resmi Dinobatkan sebagai Juara Dunia MXGP 2023
Jorge Prado Juara Dunia MXGP 2023

MAGGIORA, VMXMedia.ID – Lempar motor, lalu diangkat tim dan pendukung. Itu Jorge Prado saat resmi jadi Juara Dunia Motocross 2023 untuk kelas MXGP. Gelar paling tinggi di ajang balap motocross ini ia raih saat berlaga di MXGP Italia, Minggu (17/9).

Suasana meriah pun memenuhi trek Maggiora, Italia, saat Jorge Prado dari Red Bull GASGAS Factory Racing resmi dinobatkan sebagai Juara Dunia Motocross kelas MXGP 2023. Ini menjadi gelar Juara Dunia Motocross pertama bagi pembalap berbakat asal Spanyol itu di kelas MXGP.

Musim ini terbukti sebagai perjalanan yang panjang dan penuh tantangan bagi Prado. Ia merebut Plat Merah sejak balapan pertama di Argentina, dan sejak saat itu, ia tak pernah melepaskannya. 

Prado harus menghadapi persaingan sengit dari pembalap-pembalap hebat seperti mantan Juara Dunia MXGP, Jeffrey Herlings dari Red Bull KTM Factory Racing, dan Romain Febvre dari Kawasaki Racing Team. Namun, Prado selalu menunjukkan tekad yang luar biasa untuk tetap tenang di depan para pesaingnya.

“Ini hari yang sangat luar biasa bagi saya, tim, dan pendukung setia saya. Meski saya sempat melakukan kesalahan hari ini, tapi saya bisa menjadi Juara Dunia yang baru. Saya tidak pernah membayangkan di awal musim bisa berada di sini dengan Plat Emas ini. Itu merupakan kerja keras sepanjang musim. Banyak orang tidak percaya bahwa hal itu mungkin terjadi, tetapi saya percaya pada diri saya sendiri, dan saya tahu saya bisa mewujudkannya. Saya memimpikan momen ini sepanjang hidup saya,” ungkap Prado penuh kegembiraan.

Jorge Prado rayakan kemenangan gelar Juara Dunia pertamanya di kelas MXGP bersama Red Bull GASGAS Factory Racing (Foto: @jorgeprado61 via Instagram)

Konsistensi luar biasa menjadi kunci kesuksesan Prado sepanjang musim ini. Dilansir dari mxgp.com, ia berhasil meraih 10 Balapan Kualifikasi RAM, 14 kemenangan balapan, 16 podium, dan 2 kemenangan Grand Prix. Tidak hanya itu, Prado juga terkenal dengan start cepatnya yang legendaris, mencatatkan 14 FOX Holeshots sepanjang musim ini.

Kemenangan yang membawa Jorge Prado meraih gelar Juara Dunia MXGP 2023 datang di race 1 MXGP Italia. Saat Romain Febvre tak berhasil finis dalam balapan tersebut, Prado berhasil memenangkan balapan. Ini adalah momen yang sangat istimewa bagi Prado, yang telah memenangkan Kejuaraan Dunia Motocross ketiganya, dengan dua kemenangan sebelumnya di kelas MX2.

Meskipun masih ada satu Grand Prix tersisa di Inggris Raya, yang akan berlangsung 24 September mendatang, Prado telah membuktikan diri sebagai yang terbaik di kelas MXGP. Ia memasuki gerbang awal balapan pertama di Inggris Raya dengan rasa lega dan bangga sebagai Juara Dunia MXGP 2023. Prestasinya yang gemilang ini mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pembalap terbaik dalam sejarah olahraga ini. (dpu)