Sah! “Danger Boy” Haiden Deegan Resmi Boyong Gelar Juara Dunia 250 SMX pada Tahun Perdananya

By: VMX Media | 25/09/2023 | 284
Sah! “Danger Boy” Haiden Deegan Resmi Boyong Gelar Juara Dunia 250 SMX pada Tahun Perdananya
Haiden Degan Juara Dunia 250 SMX 20023 (Foto: @alpinestar via Instagram)

LOS ANGELES, VMXMedia.ID – Dunia balap motocross baru saja menyaksikan kisah menakjubkan dari seorang pendatang baru yang berhasil mengguncang panggung utama dengan penampilan spektakuler. Haiden Deegan, yang lebih dikenal dengan julukan “Danger Boy,” mengakhiri tahun pertamanya di dunia balap profesional dengan gelar Juara Dunia Kejuaraan Dunia SuperMotocross (SMX) Kelas 250 yang gemilang.

Pada final event akbar yang berlangsung di Los Angeles Memorial Coloseum, Sabtu-Minggu (23-24/9), pembalap Monster Energy Yamaha Star Racing ini menunjukkan bahwa dia adalah bakat besar yang mampu bersaing dengan para pembalap berkelas lainnya. Meskipun masih dalam musim balap pemula profesionalnya, Deegan meraih gelar Kejuaraan Dunia dengan perjalanan yang kuat dan cerdas sepanjang musim.

Dilansir dari fullnoise.com.au, Deegan, yang merupakan anak dari legenda motocross Brian Deegan, membawa pulang bonus mengesankan sebesar $500,000 atau setara dengan Rp7,7 miliar untuk pencapaian luar biasanya ini. Kemenangan ini juga memungkinkannya berbagi sejarah dengan sang ayah, yang telah meraih kemenangan Supercross dan melakukan lompatan motocross gaya bebas 360 pertama di dalam stadion bertingkat.

Saat final berlangsung, pertarungan sengit terjadi di moto Kelas 250 SMX. Pada moto pertama, Deegan bersaing sengit dengan para pesaingnya, termasuk Jalek Swoll, Tom Vialle, Justin Cooper, dan Ryder DiFrancesco. Namun, pemimpin klasemen Hunter Lawrence tidak dapat berlomba karena cedera yang dialaminya saat kualifikasi.

Jordon Smith menjadi pembalap yang bergerak pada awal balapan, berhasil menyalip Deegan dan Vialle untuk meraih posisi pertama. Smith mempertahankan pimpinan dan finis di tempat pertama. Sementara itu, Deegan harus berjuang keras untuk mempertahankan posisinya dan finis di posisi kelima.

Moto kedua Kelas 250 melihat Deegan meraih holeshot dan memimpin balapan. Namun, rekan setimnya, Levi Kitchen, mengambil alih keunggulan sebelum tikungan kedua. Deegan mempertahankan posisi kedua, tetapi pertarungan sengit dengan Kitchen terus berlanjut hingga akhir balapan. Di akhirnya, Kitchen meraih kemenangan dalam moto kedua.

Namun, Deegan meraih posisi kedua dalam moto kedua, yang cukup untuk memberinya kemenangan keseluruhan acara ini dan, yang lebih penting, memenangkan Kejuaraan Dunia SuperMotocross Kelas 250 dengan selisih lima poin atas Jo Shimoda.

Klasemen Akhir Kejuaraan Kelas 250SMX

  1. Haiden Deegan, Temecula, California, Yamaha (157)
  2. Jo Shimoda, Suzuka, Jepang, Kawasaki (152)
  3. RJ Hampshire, Kapel Wesley, Florida, Husqvarna (122)
  4. Levi Kitchen, Washougal, Wash., Yamaha (114)
  5. Jordon Smith, Belmont, NC, Yamaha (110)
  6. Justin Cooper, Cold Spring Harbor, NY, Yamaha (101)
  7. Maximus Vohland, Granite Bay, California, KTM (98)
  8. Tom Vialle, Prancis, KTM (90)
  9. Hunter Lawrence, Australia, Honda (89)
  10. Jalek Swoll, Belleview, Florida, Husqvarna (88)
  11. Selamat, Deegan! (dpu)