Rahasia Sehat Ala Pebalap Pro, Ini Dia Faktanya

By: VMX Media | 05/09/2022 | 297
Rahasia Sehat Ala Pebalap Pro, Ini Dia Faktanya

NEWS.VMX.ID – Kebugaran pebalap adalah factor penting dalam menentukan daya tahan, konsentrasi dalam perlombaan. Selain persiapan fisik melalui program latihan intensif, juga faktor sangat penting gaya hidup sehat. Dengan memiliki tubuh sehat indentik dengan rasa bugar, performa pebalap akan mendapat dukungan penuh dari tubuhnya dalam bermanuver.  Para pembalap Profesional pastinya mengatur gaya hidup sehat untuk mencapai poin kebugaran.

Bebebrapa langkah hidup sehat dan bugar diantaranya : menjalankan diet seimbang, memperhatikan konsumsi makanan atau pola makan sehat dan seimbang. Kandungan seimbang konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, daging, dan buah-buahan.

Karbohidrat memang menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, dipecah dalam tubuh menjadi glukosa atau gula darah dan sel-sel tubuh akan menyerap dan menggunakannya sebagai energi.

Agar tetap sehat, Kebutuhan karbohidrat tiap pebalap pun berbeda-beda, tergantung dari ukuran tubuh, tingkat aktivitas, dan metabolismenya. Jika kesehariannya melakukan aktifitas latihan intensif volume tinggi, pebalap cenderung membutuhkan asupan karbohidrat lebih banyak.

Kemudian memperbanyak minum air putih berfungsi sebagai penjaga tubuhnya tetap bugar, terutama sebelum balapan. Tujuannya agar asupan cairan dirasa cukup untuk menjaga tingkat konsentrasi dan menghindari dehidrasi.

Pebalap sendiri mengakui hidrasi merupakan hal yang penting. Itu sebabnya, Banyak pebalap Pro selalu membuat dirinya tetap terhidrasi dengan baik, dengan menjaga level hidrasi akan membantu mempertahankan fungsi tubuh dan otak.

Jika tubuh kekurangan air, akan ada berbagai gangguan kesehatan yang terjadi. Berikut ini dampak negatif akibat kurang minum air: Membuat tubuh menjadi lemas, Menurunkan konsentrasi,Meningkatkan risiko stroke,Memicu makan berlebihan,Membuat daya kompetitif menjadi ternganggu,Memperlambat metabolisme,Merusak kesehatan kulit.

Selain banyak minum air, para pebalap Pro Motocross juga mengakali kebutuhan hidrasinya dengan cara mempertahankan hidrasi mengkonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi. Misalnya saja, semangka, mentimun, jeruk dan tomat.

langkah berikutnya juga melakukan olahraga yang menyenangkan yang tidak membutuhkan bentuk badan yang kekar. langkah latihannya, hanya fokus melatih lengan bagian bawah, tidak mengangkat beban terlalu berat untuk mencegah terjadinya carpal tunnel syndrome. Menciptakan variasi latihan rutin untuk membentuk suasana menyenangkan dan anti bosan, artinya tidak berlatih dalam satu titik saja untuk melatih daya fokus atau konsentrasi. Fungsi berlatih dengan menciptakan suasan menyenangkan akan melatih pebalap menenangkan diri saat balapan atasi gugup dengan mengatur pernapasan.

Selain menjaga kebugaran tubuh, Pebalap juga menjaga kestabilan emosinya dengan membiasakan mengolah pernapasan. Ketika menemkan suasan gugup, langkah baiknya bernapas dalam-dalam sebanyak tiga hingga empat kali. Cara ini akan membantunya untuk kembali tenang dan membuatnya lebih fokus.Menurut sejumlah penelitian, bernapas dalam dan lebih lambat dari perut–atau disebut juga pernapasan diafragma–dapat memberikan sinyal ke sistem saraf untuk tenang.

Selain dapat menenangkan, teknik pernapasan ini juga bisa membantu meningkatkan rentang perhatian dan menurunkan rasa sakit.Jadi, jika suatu saat Anda merasa cemas atau sulit fokus, mungkin Anda bisa mengadopsi cara menenangkan diri ala pebalap Pro ini.Rahasia tubuh bugar pebalap ada pada gaya hidup sehatnya. Mulai dari, mengatur pola makan dan menjalankan olahraga sesuai kebutuhan tubuh, hingga menjaga kestabilan mentalnya saat balapan.