Pembalap Rizky HK dan Dodon Toja Terlibat Tabrakan di Udara, Mengapa Bisa Terjadi?

By: VMX Media | 19/09/2023 | 304
Pembalap Rizky HK dan Dodon Toja Terlibat Tabrakan di Udara, Mengapa Bisa Terjadi?

PADANG LAWAS, VMXMedia.ID – Sebuah insiden mengejutkan terjadi di Sirkuit Balakka Tinggir Bulu Sonik, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, saat gelaran Padang Lawas Motocross Super Grasstrack 2023 pada Sabtu-Minggu (16-17/9). Pembalap asal Wonosobo, Rizky HK, dan pembalap Sumatera, Dodon Toja, terlibat dalam sebuah tabrakan di udara.

Video yang merekam momen kejadian tersebut diunggah oleh Ahmad Mansuri di akun Instagram pribadinya, dan segera menjadi viral setelah diunggah ulang beberapa media. Dalam video tersebut, terlihat Rizky HK dan Dodon Toja tengah melewati salah satu jumping-an di Sirkuit Balakka Tinggir Bulu Sonik. Dodon Toja berada di tengah lintasan, sedangkan Rizky HK di pinggir lintasan untuk bergerak ke tengah. Sayangnya, tabrakan di udara pun tak terhindarkan.

(Video: @mad.aslii via Instagram)

Motor yang ditumpangi Rizky HK mengenai kepala Dodon Toja, menyebabkan motornya terlempar, dan Rizky HK sendiri terguling berlawanan arah. Meskipun terguling, Rizky HK segera mencoba berdiri, hingga hampir tertabrak oleh pembalap lain yang masih melaju kencang. Di sisi lain, Dodon Toja masih tetap bisa melanjutkan balapan tanpa terjatuh.

“Insiden ini terjadi hari Minggu kemarin, saat mereka berdua sedang main di moto dua kelas SE 250cc,” ungkap Ahmad, crew salah satu tim balap, yang menyaksikan langsung kejadian, kepada VMX Media, Selasa (19/9).

Tabrakan di udara memang menjadi salah satu momok yang sering menghantui pembalap motocross dan grasstrack saat melompat di atas table top atau melakukan jumping. Saat dua atau lebih pembalap melompat bersamaan, peluang tabrakan di udara sangat sulit dihindari dan harus diwaspadai dengan baik.

Ketika pembalap keluar dari jalurnya, yang paling berbahaya adalah saat mereka berada di udara. Saat melayang, pembalap yang keluar jalur akan melenceng dari posisi yang semestinya. Jika pada saat yang bersamaan ada pembalap lain yang sedang melompat dan melayang di udara, sangat sulit untuk menghindari terjadinya tabrakan.

Masalah semakin berbahaya ketika pembalap yang keluar jalur kesulitan mengendalikan motornya saat melakukan landing. Dilansir dari 76rider.com, M. Zulmi, pembalap motocross dari tim 76Rider, menjelaskan,  ada beberapa alasan mengapa pembalap bisa keluar jalur saat melakukan lompatan atau table top. Salah satunya adalah posisi melompat yang dekat dengan tikungan. 

Sering kali, pembalap terpeleset saat keluar dari tikungan dan akhirnya masuk ke dalam melompat dengan posisi yang keluar dari racing line. Hal ini menyebabkan posisi motor sedikit menyimpang ke kiri saat melayang di udara. Yang lebih berbahaya, jika pembalap lain tidak menyadari hal ini, dan pada saat yang bersamaan sedang melompat dengan arah yang berlawanan. (dpu)