Nikmati Sensasi Berkendara ala Reli Dakar dengan Ducati DesertX yang Punya Konsep Retro Enduro, Ini Spesifikasinya

By: VMX Media | 03/07/2023 | 233
Nikmati Sensasi Berkendara ala Reli Dakar dengan Ducati DesertX yang Punya Konsep Retro Enduro, Ini Spesifikasinya

BANDUNG, VMXMedia.ID – Ducati DesertX adalah motor yang dirancang untuk memberikan pengalaman off-road bagi pengendaranya. Identitas motor ini tidak diragukan lagi dengan konsep perpaduan antara motor petualang dan retro enduro era 1980-an.

Ducati bahkan mengklaim pengendara akan merasakan atmosfer balap Reli Dakar dengan mengendarai motor satu ini.

Inspirasi desain motor ini diambil dari ajang balap Reli Dakar, terutama dalam sejarah Reli Dakar di Afrika, yang melintasi trek gurun pasir.   

Ducati DesertX pertama kali diperkenalkan ke publik pada pameran EICMA 2019, yang berlangsung di Milan. Kini juga sudah dipasarkan di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Ducati Asia Pacific, DesertX adalah motor Ducati modern pertama dengan 21 inci roda depan dan 18 inci roda belakang. Motor ini sudah dilengkapi suspensi stroke panjang, ground clearance yang luas (250mm), dan kerangka off-road yang dirancang untuk menahan kondisi terberat di medan apa pun. 

Dimensi motor tampak ramping, tetapi tinggi besar. Mirip pesaingnya, seperti Yamaha Tenere 700, Husqvarna Norden 901, dan KTM 890 Adventure R. Bedanya, Ducati DesertX punya aura retro modern.

Selain itu, mesinnya berkapasitas 937 cc Testastretta 11° V-Twin Desmodromic 4 katup per silinder berpendingin cairan, persis Ducati Monster terbaru. Motor ini juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar super besar, yakni 5,54 galon atau sekitar 21 liter. 

Ducati  DesertX menawarkan aksesoris tangki belakang berkapasitas 2,1 galon atau sekitar 8 liter. Tangki kedua ini dipasang di bagian body belakang.

Tak hanya itu, Ducati DesertX juga sudah pernah melintasi area Gunung Bromo di Jawa Timur pada sesi uji cobanya. 

Untuk harganya, Ducati DesertX tahun 2023 di Indonesia dijual dengan kisaran Rp575 juta. Harga tersebut belum termasuk pajak dan lainya. Harga ini juga bisa berubah sesuai kebijakan dealer

Nah, braaapers, itulah gambaran motor Ducati DesertX yang bisa jadi referensi pecinta moge yang ingin merasakan nuansa berkendara ala Reli Dakar. Tertarik untuk memilikinya? (aa)