Menjaga Pola Makan Jadi Salah Satu Cara M. Daffa Bisa Naik Podium di Indonesian Hard Enduro 2023

By: VMX Media | 06/09/2023 | 289
Menjaga Pola Makan Jadi Salah Satu Cara M. Daffa Bisa Naik Podium di Indonesian Hard Enduro 2023

SEMARANG, VMXMedia.ID – M. Daffa Effendi, pembalap enduro asal Bogor, Jawa Barat, menorehkan prestasi di Kelas Orca Pro Class B Putaran 2 Indonesia Hard Enduro (IHE), yang berlangsung di Jaya Metro Discovery Hills, Semarang, akhir pekan lalu.

Menggunakan motor KLX 140, pembalap DK Racing ini, berhasil naik podium 3 Kelas Orca Pro B (Local). Hasil tersebut didapatkan dari kesungguhannya dalam berlatih.

Kepada VMX Media, Daffa mengungkapkan, pencapaian tersebut tidak hanya dilakukan dengan cara latihan fisik dan motor, melainkan juga menjaga pola makan dan tidur yang cukup, agar tubuh tetap prima. 

“Yang benar-benar dilakukan mah, menjaga pola makan dan pola tidur,” kata Daffa melalui sambungan telepon, Rabu (6/9).

Terkait trek yang dilaluinya pada Putaran 2 IHE, Daffa tidak begitu merasa kesulitan. Hanya saja, kondisi cuaca yang panas membuat pembalap bernomor start 69 ini, harus banyak beradaptasi. “Buat treknya nggak bisa dibilang mudah, cuma yang bikin capek panasnya itu,” kata Daffa.

Daffa mengatakan, fisik yang bugar adalah hal penting bagi seorang pembalap. Terutama dalam balap enduro dengan rintangan yang membutuhkan ketahanan fisik yang baik. Selain menjaga agar kondisi fisik tetap prima, sering melakukan latihan akan mengasah kemampuan seorang pembalap.

“Kalau buat pembalap, pada umumnya, banyak-banyakin latihan aja,” ujarnya sembari menutup percakapan. (aa)