Hot News

Masih Pemulihan Pascaoperasi Lutut, Pembalap Sheva Ardiansyah Terpaksa Absen di Final Kasal Cup JC Supertrack

By: Delisti Putri Utami | 13/10/2023 | 223
Masih Pemulihan Pascaoperasi Lutut, Pembalap Sheva Ardiansyah Terpaksa Absen di Final Kasal Cup JC Supertrack

DELI SERDANG, VMXMedia.ID – Melalui akun Instagram pribadinya, pembalap perempuan asal Yogyakarta, Sheva Ardiansyah, mengungkapkan bahwa dia terpaksa harus absen dari Final Kasal Cup JC Supertrack yang akan berlangsung pada Sabtu (14/10) besok hingga Minggu (15/10). Hal ini disebabkan oleh proses pemulihan yang masih dijalaninya setelah menerima tindakan operasi lutut pada tanggal 3 Oktober lalu.

“Seperti yang kalian ketahui, saya menjalani operasi lutut minggu lalu, yang membuat saya tidak bisa datang dan berlaga di putaran final JC Supertrack minggu ini. Mohon maaf kepada semua pendukung karena saya telah mengecewakan kalian,” tulis Sheva dalam unggahannya.

Kepada VMX Media, Sheva mengaku, kondisi cederanya ini bermula setelah pulang dari Australia, di mana Sheva langsung fokus pada latihan persiapan untuk kompetisi JC Supertrack di Lamongan. Namun, pada latihan terakhirnya pada hari Rabu sebelum keberangkatannya, kejadian yang tidak diharapkan terjadi. Sheva mengalami kecelakaan di Sirkuit Irwan Ardiansyah Bantul.

Meskipun tidak begitu parah, kecelakaan tersebut cukup serius untuk kesehatan lutut kanan Sheva. Lutut yang pernah mengalami cedera ACL tahun sebelumnya kembali terpapar dan memerlukan operasi. 

“Bukan crash yang parah sebetulnya, tapi waktu itu juga kaki kanan yang dulunya sudah pernah cedera ACL tahun lalu kena lagi. Jadi, butuh operasi karena cedera yang kali ini lebih parah dari yang tahun lalu,” aku perempuan berusia 18 tahun itu.

Sayangnya, dokter menyatakan bahwa operasi tidak bisa dilakukan dengan segera, dan Sheva harus menunggu selama sebulan sebelum operasi bisa dilaksanakan. Waktu pemulihan yang cukup panjang juga diharapkan karena cedera ini melibatkan kerusakan pada tiga bagian utama di lutut kanannya: otot MCL yang putus, ligamen ACL yang sobek, dan kerusakan pada meniskus.

Australian Pro MX Championship rupanya menjadi pertaruhan terakhir Sheva di musim kompetisi 2023. Ia membutuhkan masa pemulihan 3-4 bulan.

Putri dari mendiang legenda motocross Indonesia, Irwan Ardiansyah, sangat disayangkan harus absen dalam kompetisi yang sudah dinanti-nanti oleh para penggemarnya. Namun, pemulihan tetap menjadi yang utama.

Meskipun tidak dapat berkompetisi, merchandise resmi milik Sheva tetap akan tersedia di paddock Tim Ardians, memberikan dukungan bagi para penggemar yang ingin tetap mendukungnya dalam momen-momen sulit ini. (dpu)