Keren! Banggakan Indonesia dengan Finis ke-3 di Rimba Raid 2023 Malaysia, Benny Saputra: Jalur Menantang Bikin Nagih

By: VMX Media | 05/09/2023 | 211
Keren! Banggakan Indonesia dengan Finis ke-3 di Rimba Raid 2023 Malaysia, Benny Saputra: Jalur Menantang Bikin Nagih
Benny Saputra Juara 3 Kelas Masterclass Rimba Raid 2023 di Malaysia

PAHANG, VMXMedia.ID – Pembalap dari tim Ubas Extreme x Sparta Adventure, Benny Saputra, sukses membawa nama Indonesia berkibar di debutnya pada ajang balap bergengsi tingkat Asia, Rimba Raid 2023, yang telah berlangsung sejak 31 Agustus hingga 3 September kemarin di Taman Negara, Pahang, Malaysia.

Dalam wawancara eksklusif bersama VMX Media, Benny Saputra membagikan pengalamannya di Rimba Raid yang penuh tantangan. Ia berkompetisi di kelas A/Masterclass. Di kelas ini para peserta menggunakan motor berkapasitas 1000cc up dan menjalani jalur trek yang sama dengan kelas B dan C.

Pembalap asal Depok, Jawa Barat itu mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil finis di posisi ketiga pada kelas A/Masterclass. Ia berhasil mengungguli para pesaingnya dari berbagai negara, seperti Korea Selatan, Thailand, Australia, Filipina, Malaysia, Singapura, hingga Italia.

Benny menjelaskan, “Hari pertama adalah untuk registrasi ulang. Hari ke-2 adalah prologue untuk menentukan posisi start. Saya masuk posisi 50 dari 276 peserta. Hari ke-3 adalah hari balapan sesungguhnya, di mana para pembalap beradu kecepatan dan ketahanan. Hari terakhir, yaitu hari ke-4, adalah saat pembagian trofi kepada para pemenang.”

Dalam ajang ini, Benny Saputra menghadapi trek yang sangat menantang. Trek ini memiliki panjang sekitar 200 kilometer dengan beragam jenis jalur, termasuk jalur berkerikil dan enam sungai besar yang harus diatasi. Tantangan sungai bervariasi, mulai dari sungai deras dan berliku-liku hingga sungai dengan kayu gelondongan sebagai rintangan tambahan. Selain itu, trek ini juga mencakup tanjakan berbatu, tanjakan terjal, rawa-rawa berbahaya, jalur speed logging, dan bahkan kebun sawit yang menawarkan rintangan seru. 

“Rintangan  yang seru itu setelah 100 km pertama. Kita harus masuk pitstop dengan melalui jalur pasir sungai yang bisa membuat motor yang kita tumpangi roboh atau mendem gak gerak,” terang pria yang akrab disapa Benny Achonk itu.

Ketika ditanya apakah pengalaman tersebut membuatnya kapok atau justru ingin kembali mengikuti event serupa, Benny Saputra dengan tegas menjawab bahwa meskipun sangat menantang, ia merasa nagih dan berharap untuk memiliki rezeki dan kesempatan untuk kembali berpartisipasi dalam Rimba Raid di masa depan.

Selain Benny Saputra, Squad Garuda yang berpartisipasi dalam Rimba Raid 2023 juga menunjukkan performa yang mengesankan. Selain Benny, Wawan Kadri berhasil finis di posisi keempat dalam kelas C. Sementara itu, Tajul, Iskandar, Dani, dan Nanang berhasil menyelesaikan perlombaan sebagai finisher. Sayangnya, Taufik mengalami masalah dengan koplingnya dan tidak dapat menyelesaikan balapan. (dpu)