Hot News

Insiden Webb dan Sexton Karena Hilangnya Konsentrasi dan Percepatan Melewati Tiga Undakan

By: VMX Media | 15/03/2022 | 724
Insiden Webb dan Sexton Karena Hilangnya Konsentrasi dan Percepatan Melewati Tiga Undakan

VMX.ID – Putaran kesepuluh dari Kejuaraan Supercross AMA Monster Energy 2022 di Detroit, Michigan telah sukses berlangsung. Eli Tomac SX450 dan Jett Lawrence SX250 menyandang podium 1 dikelasnya masing – masing. Dibalik suksesnya kedua pembalap dukungan Alpinestars tersebut, Terjadi crash antara Webb dan Sexton.

Eli Tomac konsisten meraih poin tertinggi, memimpin klasemen di Monster Energy AMA Supercross. Di Detroit, ia mencetak kemenangan balapan ketiganya secara berturut-turut. Sedangkan peeringkat kedua Jason Anderson, yang sempat berada dibelakang Tomac, mengalami insiden juga. Jason Anderson, Cooper Webb, Chase Sexton, Dean Wilson, Marvin Musquin, dan Dylan Ferrandishad gagal meraih hasil terbaik, setelah terjadi masalah di balapan putaran sepuluh di Detroit.

Kronologisnya ketika keluar tikungan dan masuk ke lumba – lumba, Webb yang berada di depan kepaanya terkena dorongan ban depan Sexton ketika akan mendarat. Keduanya terjungkal, Webb memegangi tangan kirinya yang cedera terkena motor Sexton.

Secara layout Sirkuit Detroid Stadium dipantau oleh para pakar supercross relatif bebas dari cidera. Pantauan dari pengamat, bahwa Cooper  Webb mempunyai kesalahan soal ritme berlomba. Kesalahan Webb ketika lambat melewati sudut rintangan lumba – lumba, ketika hendak menanjak terkena ban depan Sexton.  Webb sepertinya berniat melompati tiga undakan, namun kehilangan konsentrasi melewati ritme panasnya persaingan ketat. Apalagi ketika keluar tikungan presing dari para pebalap luar biasa keras sebelum memasuki rintangan lumba- lumba.

Webb kehilangann konsentrasi sehingga handlingnya sedikit ternggangu, apalagi menempe rapatl ke Sexton dan Claron. Semakin memburuk situasi di kemudinya ketika tidak berposisi “ Sit and Pop” ketika akan melompat. Lambatnya percepatan Webb dan kurangnya konsentrasi ketika melompat dan mendarat menjadi sebab musabab terkena dorongan ban depan Sexton.

Uraian dari para ahli, ketika pebalap akan melalui tiga undakan rintangan, sebaiknya harus terapkan variasi 3’x5’x3′. Pendaratan yang lebih kecil adalah kuncinya agar mengurangi kesalahan dan kecelakaan. Pebalap membutuhkan ketinggian yang lebih sedikit di lokasi pendaratan. Lompatan di bagian ritme ini dibuat dengan cara yang sama (di pola 5’), meningkatkan lompatan dengan presisi. Kejadian seperti ini juga terjadi,dengan kecelakaan besar dalam SX 250 latihan dan kualifikasi grup B. Melakukan lompatan dengan ukuran yang sama bagian dari kreatifitas, jika ada kesalahan akan berimbas efek cidera serius.

Kali ini Webb gagal mendeati Eli Tomac yang tampil konsisten dan konsentrasi penuh perhitungan jitu. Hilangnya konsentrasi dan kecepatan Webb menyebabkan, petahana AMA Supercross SX450 membayar mahal kemungkinan tidak bisa tampil di putaran 11 di Indianapolis 20 Maret mendatang. Get Will Soon Cooper Webb.