FIM  Punya Logo Baru: Lebih Simple dan Representasikan Kedinamisan Olahraga Sepeda Motor

By: Delisti Putri Utami | 12/01/2024 | 251
FIM  Punya Logo Baru: Lebih Simple dan Representasikan Kedinamisan Olahraga Sepeda Motor

MONACO, VMXMedia.ID – Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) memasuki babak baru dalam sejarahnya yang berumur 120 tahun. Dalam rangka perayaan ini, FIM secara resmi meluncurkan logo atau  identitas merek baru yang mencerminkan semangat dinamis sepeda motor dan memberikan sentuhan modern pada lambang klasik mereka.

Dilansir mxgp.com, Presiden FIM, Jorge Viegas, memperkenalkan logo baru kepada Keluarga FIM, pada Majelis Umum Desember lalu di Liverpool, Inggris. Logo FIM yang baru terdiri dari akronim tiga huruf tebal miring yang dinamis, lebih dikenal sebagai FIM, dengan huruf awal ‘F’ yang berpotongan dengan tiga garis horizontal. Detail ini mengarah ke sisi kiri dengan siluet melengkung yang menyerupai bentuk sayap, menciptakan kesan kecepatan dan merangkul warisan grafis klasik FIM.

Desain logo baru, yang dikerjakan oleh agensi branding MetaDesign Lausanne dari Publicis Group, memadukan tradisi dengan inovasi. Tiga garis horizontal, yang juga disebut sebagai ‘garis kecepatan’, bukan hanya menciptakan kesan kecepatan, melainkan juga menghormati warisan grafis FIM yang telah ada sebelumnya. MetaDesign Lausanne menggambarkan logo ini sebagai langkah penting menuju masa depan, menggambarkan semangat dinamis sepeda motor dengan cara yang modern dan ramping.

Logo baru FIM tidak hanya dirancang untuk kegunaan tradisional, melainkan juga untuk berbagai platform modern dan digital. Dengan kemampuan untuk digunakan dengan atau tanpa teks bawah ‘Federation Internationale de Motocyclisme’, logo ini menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dengan gaya yang konsisten.

Dalam sebuah pernyataan, Fabio Muner, Direktur Pemasaran & Digital FIM, mengucapkan terima kasih kepada MetaDesign atas kreativitas mereka dalam menciptakan sistem desain grafis baru dan logo FIM. Muner juga memberikan penghargaan kepada promotor Kejuaraan FIM, serta semua pihak yang terlibat, atas dukungan mereka dalam tonggak sejarah ini.

MetaDesign Lausanne menambahkan, “Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan Fédération Internationale de Motocyclisme untuk rebranding bersejarah FIM pada hari jadinya yang ke-120. Visi kami adalah memadukan tradisi dengan inovasi, menciptakan identitas visual yang mencerminkan semangat dinamis sepeda motor dan menghormati kekayaan warisan FIM. Logo yang modern dan ramping ini menandai tonggak sejarah yang signifikan dan mendorong merek ini ke masa depan.”

Dengan peluncuran identitas merek baru ini, FIM memasuki tahun 2024 dengan semangat baru, mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia yang terus bergerak cepat. Identitas merek yang segar ini akan segera diterapkan di semua acara dan kejuaraan FIM, memberikan pandangan baru kepada penggemar motorsport di seluruh dunia. (dpu)