Filosofi Telur dan Busa EPS Juga Pengalihan Efek Energi Bagian Dari Kekuatan Kualitas Arai Helmet

By: VMX Media | 29/03/2022 | 663
Filosofi Telur dan Busa EPS Juga Pengalihan Efek Energi Bagian Dari Kekuatan Kualitas Arai Helmet

VMX.ID –  Era tahun 1950-an, Jepang terkenal sebagai negara dengan kebijakan pasar tertutup. Artinya, saat itu diberlakukan larangan mengimport helm yang berkualitas dari luar negara Jepang. Situasi tersebut, membuat inspirasi Hirotake Arai menginginkan perlindung kepala yang lebih baik dimulai untuk dirinya sendiri. Sejak itulah, tercipta  Arai Helmet untuk mencapai tujuannya. Hirotake Arai mematok, produk Arai tetap menjadi perusahaan kecil milik keluarga yang didedikasikan untuk melindungi pengendara.

inspirasi Hirotake Arai menginginkan perlindung kepala yang lebih baik dimulai untuk dirinya sendiri.

Arai Helmet mempunyai filosofi dengan rancangan mengatur jumlah energi benturan yang berpindah ke kepala pengendara saat terjadi kecelakaan. Arai berfokus pada dua aspek perlindungan khusus saat membuat helmet, yaitu: kemampuannya menyerap energi secara internal dan membelokkannya secara eksternal. Helm Arai dikemas berbentuk seperti telur dengan permukaan halus dan bulat. Bentuknya tidak banyak berubah selama bertahun-tahun, dan memberi kesan bahwa Arai berada di belakang delapan boal dalam teknologinya.  Namun, filosofinya dalam mengalihkan efek energi dengan perlindungan akan terus mempertahanka, termasuk sheel bentuk helmnya tetap sama.

Bentuk dan konsep memandang dan melirik adalah bentuk versi dari perlindungan akselerasi rotasinya diantara alur cangkang telur yang disebut oleh Arai konsep R75. Arti konsep 75 mencegah helmet menyentuh tanah dan menempel benda sekitarnya. Jari-jari lengkung cembung 75mm atau lebih terus menerus dari cangkang mengurangi dampak  tekanan yang harus diserap oleh busa interior sekaligus mengurangi cedera whiplash pada leher dan otak.

Kekuatan. Cangkang bundar yang kuat  menggunakan cangkang konstruksi laminasi yang unik dengan bahan fiberglass berkualitas tinggi, termasuk serat kaca khusus dari rompi antipeluru. Seratnya mahal tetapi lebih kuat untuk mempertahankan kekuatan di bagian yang rawan terkena cidera serius. Bagian shell juga memiliki langkah hyper-ridge di tepi bawah untuk menghentikan migrasi retakan yang terbentuk akibat benturan, juga membantu menjaga integritas shell dan meningkatkan perlindungan.

Arai adalah salah satu produsen helm pertama yang menggunakan liner EPS (expanded polystyrene). Sebelumnya, helmet memiliki lapisan gabus, yang kemudian di format ulang oleh  Arai menggunakan liner busa EPS. kelebihannya multi kepadatan one piece yang tidak seperti liner lain di pasaran. Desain multi-kepadatan meningkatkan kekuatan di zona benturan tinggi dan mempertahankan permukaan yang bulat dan halus.

Sebagian besar helm memiliki beberapa lapisan busa yang cocok satu sama lain, beda dengan Arai berupa lapisan busa multi kepadatan Arai terbuat dari satu bagian. Hal ini memungkinkan energi untuk disebarkan ke seluruh lapisan busa daripada menjadi bagian-bagian yang tersegmentasi. Kontruksi ini untuk meningkatkan penyerapan energi dengan memberi energi lebih banyak area untuk menyebar. Arai mengembangkan liner multi kepadatan satu bagian dengan menyatukan butiran busa lepas ke dalam cetakan. Teknik Arai untuk memvariasikan kepadatan busa di area tertentu pada one-piece liner adalah rahasia dapur.  

Bagian batang dagu, berfilosofi dari ahli matematika Yunani Archimedes, yaitu semakin panjang tuas, semakin besar gaya yang dapat diterapkan. Contohnya Helm motorcross VX-Pro4 Arai memiliki fitur chin bar yang sangat pendek untuk membatasi daya ungkitnya saat tersangkut di tanah dan saat terjadi tabrakan.

Bagian Visor Arai VX-Pro4 sangat lentur dan mudah tertekuk saat terjadi benturan. Itu juga di ikat oleh sekrup plastik. Artinya sangat bagus, karena itu berarti visor tidak akan tersangkut di tanah dan memuntir helm Anda. Selain visor, helm VX-Pro4 memiliki empat penutup ventilasi plastik dan kisi-kisi ventilasi chin bar.

 Daya Tahan. Busa EPS dicat hitam di bagian dalam helm Arai VX-Pro4, jika terjadi insiden sebagai penanda pemisah linear berbentuk garis putih. Adalah sebagai indikator visual bahwa lapisan helm Anda telah dikompresi. Harap dicatat bahwa liner masih dapat di tutup bagian tengah atau di luar busa EPS, dan tidak akan terlihat dari bagian dalam helm. Jika kepala Anda sakit setelah tabrakan, helm Anda telah rusak, dan disarankan untuk mengganti helmet baru, ingatlah, Anggota badan dapat diperbaiki dan diganti, tapi otakmu tidak bisa