BANDUNG, VMXMedia.ID – Yamaha punya WR155R untuk mengisi segmen motor trail bermesin 150cc. Lalu ada juga YZ250F dan YZ250FX yang mesinnya 250cc 4Tak. Namun keduanya tak bisa dipakai sehari-hari, melainkan hanya untuk kompetisi.
Tapi tahukah, braaapers, ternyata Yamaha punya motor trail 250cc 4Tak yang bisa banget dipakai harian, karena punya semua kelengkapan laik jalan seperti panel instrumen, headlamp, sein dan tentu saja spion. Motor itu, seperti dikutip dari GridOto.com, adalah Yamaha XTZ 250 yang beredar di negara-negara Amerika Selatan, seperti di Argentina dan Brasil.
Para penggemar sepeda motor sport pasti mahfum, tampilan mesin motor ini mirip Scorpio. Dan faktanya, memang mesin Scorpio yang dipakai, hanya saja jika Scorpio 225cc, yang satu ini diperbesar jadi 250cc.
Teknologinya cenderung agak jadul, karena masih pakai karburator serta mengandalkan pendingin udara. Bukan radiator seperti WR155R yang mesinnya lebih kecil. Tapi tetap saja dengan kapasitas mesinnya yang besar, secara power ia bisa mengungguli WR155R meski teknologinya jadul. Power Yamaha XTZ 250 ini di atas kertas adalah sebesar 18,7 dk dengan torsi 19,8 Nm. Perbedaan 100cc ternyata memang bisa bicara banyak ya, mengingat power WR155R cuma 16,49 dk dengan torsi 14,3 Nm
Apalagi teknologi mesinnya yang jadul itu bukannya tak bisa jadi kelebihan lho, braaapers! Dengan kesederhanaannya, ia bisa lebih reliable dalam perawatannya, sehingga bakal enak kalau dipakai trabasan.
Saat ini versi baru dari XTZ 250 sendiri juga sudah dirilis, dengan basis mesin yang sama tapi sudah injeksi. Powernya pun naik jadi 20,4 dk dengan torsi 20,5 Nm, mantap kan?
Dengan berubahnya spek mesin itu, tongkrongannya pun ikut berubah. Kini konsepnya lebih ke motor adventure enduro dengan ciri khas spakbor mirip moncong bebek. Tertarik mengoleksinya jika sudah masuk Indonesia? (day)