Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 5 Perbedaan antara Motocross dan Supercross

By: Angga Kuntara | 07/07/2023 | 450
Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 5 Perbedaan antara Motocross dan Supercross

VMXMedia.ID – MOTOCROSS dan supercross adalah jenis olahraga bermotor yang sama-sama dilakukan di jalur tanah. Meskipun demikian, terdapat perbedaan antara kedua jenis olahraga tersebut.

Ada 5 perbedaan antara motocross dan supercross. Mulai dari tempat penyelenggaraan, desain trek, hingga format balap. Penasaran? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Tempat Penyelenggaraan

image source: amasupercross.com

Balap motocross diselenggarakan di area yang bersifat outdoor. Biasanya, digelar di area terbuka berukuran lebih luas dan besar seperti bukit, lereng, atau lapangan. 

Balap supercross merupakan kebalikannya, yaitu diselenggarakan di area yang bersifat indoor. Biasanya, digelar di stadion atau area indoor lainnya.

2. Desain Trek

image source: mxvice.com

Trek motocross memiliki karakteristik desain berupa medan dengan obstacle seperti tanah, lumpur, pasir, dan lainnya. Selain itu, trek motocross bersifat lebih panjang dan menyebar, serta memungkinkan pengendara untuk berakselerasi dengan kecepatan lebih tinggi. 

Trek supercross biasanya dibuat secara artifisial dan dipadatkan dalam batas-batas di stadion. Trek supercross menampilkan sudut yang lebih rapat, lompatan yang lebih besar, dan elemen lainnya yang membuat balapan lebih menantang. 

3. Format Balap

image source: redbull.com

Format balap pada motocross terdiri dari dua moto (races) per event. Setiap moto berlangsung selama 30 menit dengan dua lap tambahan. Hasil akhir balap ditentukan dengan menggabungkan skor dari dua moto tersebut. 

Format balap pada supercross terdiri dari tiga babak, yaitu Heat Races (Babak Kualifikasi Pertama), Last Chance Qualifiers (Babak Kualifikasi Kedua), dan Main Event (Babak Utama). Dalam babak utama inilah, para rider akan berlomba untuk merebut kemenangan. Kemenangan ditentukan berdasarkan yang terlebih dahulu finis di babak utama.

4. Pengalaman Menonton

image source: motorbiscuit.com

Karena diselenggarakan di area outdoor dengan trek yang luas dan panjang, penonton dapat menonton jalannya balap motocross dari berbagai posisi serta titik pandang yang berbeda. Hal ini membuat balap motocross memiliki atmosfer yang lebih natural dibandingkan jenis balap lainnya.

Sementara untuk balap supercross, karena diselenggarakan di dalam area indoor, pengalaman menonton menjadi terkontrol. Penonton mampu menyaksikan keseluruhan jalannya balap hanya dengan duduk di kursi stadion. 

5. Musim Balap

image source: autoweek.com

Untuk mendapatkan suasana terik matahari yang menyengat, balap motocross biasanya diselenggarakan di musim panas hingga musim gugur. Sedangkan balap supercross, diselenggarakan pada musim dingin hingga musim semi. 

Kendati diselenggarakan dalam dua musim yang berbeda, para rider profesional dapat bersikap fleksibel ketika balap — baik dalam ajang motocross maupun supercross dengan kondisi musim yang berbeda. 

Itulah 5 perbedaan antara balap motocross dan supercross. Kalau braaapers lebih suka yang mana nih, motocross atau supercross?