Seberapa Besar Keuntungan Rem Belakang dengan Sistem Floating? Begini Penjelasannya

By: VMX Media | 02/06/2023
Seberapa Besar Keuntungan Rem Belakang dengan Sistem Floating? Begini Penjelasannya

VMXMedia.ID – PENEMUAN berbagai alat dan teknik telah berjasa dalam memajukan olahraga motocross secara signifikan. Salah satunya, sistem rem belakang rotor mengambang (floating)

Osterman, tokoh yang telah berkecimpung di industri ini selama beberapa dekade dan tidak asing dengan sisi teknis teknologi motocross, tertarik dengan konsep floating rear brake system atau sistem rem belakang mengambang. Sistem tersebut dirancang untuk mempertahankan kinerja yang baik dari guncangan belakang.

Untuk membantu memahami nilai sistem terapung, Osterman melakukan latihan yang menarik. Mulanya, ia duduk di atas motocross dan merasakan bagaimana suspensi bergerak naik turun dengan bebas. Kemudian, ia menekan rem belakang dan memerhatikan betapa beda kinerjanya.

“Jika mendorong ke atas dan ke bawah, suspensi jika disetel dengan benar, akan meneropong ke atas dan ke bawah dengan cukup merata. Apa yang dilakukan rem belakang mengambang, di bawah pengereman, itu akan memperlambat roda tanpa mengikat suspense,” jelas Osterman.

Apa yang terjadi jika melihat kaliper rem belakang, itu ditambatkan kepada swingarm, yang merupakan bagian dari sistem suspensi belakang. Saat rem diterapkan, torsi ditransfer ke suspensi belakang. Osterman menyebut hal ini dengan istilah, “menguncinya”.

Sedangkan pada sistem floating, anchor point untuk rem belakang bukan pada swingarm, melainkan pada rangka motor itu sendiri. Agar mencapainya, terdapat batang dari rangka ke kaliper rem. Hal ini dilakukan sepenuhnya untuk memisahkan suspensi belakang dari gaya apapun yang dihasilkan rem belakang.

Pembalap profesional seperti Eli Tomac, Chase Sexton, atau Cooper Webb, melakukan tekanan hits dengan mengubah garis jalur balap, atau bahkan menggunakan rem mereka untuk stabilitas, dalam kondisi trek berpasir dan berlempung. Saat mereka memberikan rem belakang sedikit saja, bahkan dengan suspensi upside down, itu akan mengikat suspensi belakang. Pembalap profesional selalu  membutuhkan pengereman awal atau akhir di beberapa tempat.

Osterman yakin, konsep rem belakang mengambang akan memberikan keuntungan besar. Contohnya, KTM membuat beberapa pengaturan pengujian dengan rem belakang mengambang. Jika Jett Lawrence memiliki hal ini, motor balapnya akan selalu tampil lebih baik.

Jadi, apakah braaapers tertarik untuk mengubah rem belakang motor dengan system floating? (ndr)