Mengatur Penggunaan Lensa Goggles untuk Mata Minus dan Plus, Mampukah?

By: Ramadhan Abizar | 24/08/2023 | 217
Mengatur Penggunaan Lensa Goggles untuk Mata Minus dan Plus, Mampukah?

VMXMedia.ID – GOGGLES, merupakan visor atau kacamata pelindung yang berfungsi melindungi mata dari sengatan sinar matahari ketika berkendara, terutama berkendara motor. Tak jarang pula, orang yang menggunakan goggles, untuk sekedar gegayaan agar terlihat lebih keren dan modis ketika berkendara.

Umumnya, lensa goggles bersifat komprehensif. Dengan kata lain, baik yang matanya sehat ataupun bermasalah, semua pengendara mampu menggunakannya. Namun, apa jadinya bila lensa goggles dapat diatur secara khusus bagi pengendara dengan mata bermasalah, seperti minus atau plus? Rayhan Jaya Optik, mampu melakukannya. 

Rayhan Jaya Optik merupakan toko optik yang bermarkas di Sukabumi, Jawa Barat, yang didirikan pada 2015. Aden, pengelola Rayhan Jaya Optik, merupakan mantan pembalap grasstrack era 2000-an. Setelah pensiun, ia kemudian mencoba-coba berjualan kacamata, dan berlanjut hingga sekarang.

Salah satu produk yang ditawarkan Rayhan Jaya Optik, adalah goggles dengan lensa untuk mata minus dan plus. Dapat dikatakan, Rayhan Jaya Optik merupakan toko optik pertama yang mampu melakukan hal tersebut. Toko optik ini, menjual goggles dari empat merek ternama, yaitu Fox, 100%, Thor, dan O’neal.

“Lensa goggles ini, buat yang ingin bergaya, bisa kami setting untuk pengguna dengan mata minus atau plus. Di optik yang lain memang belum ada. Namun berhubung pihak sales meminta agar bisa di-setting untuk mata minus, jadilah kami melakukannya,” ujar Aden kepada VMX Media, saat ditemui dalam event KMI National Motocross Championship Piala Kapolda Jabar, di Sirkuit Secaba Rindam III Siliwangi, Minggu (20/8). 

Aden mengungkapkan, proses yang dilakukan pun sebagaimana optik pada umumnya. Pengguna yang ingin dipasangkan lensa minus atau plus pada goggles, akan dilakukan pemeriksaan mata terlebih dahulu. “Kita kalau di workshop, pemeriksaan ada, alat potong lensa pun ada,” ujarnya. 

Berbicara biaya, tentu terdapat perbedaan harga antara goggles baik dengan lensa minus atau plus, ataupun tidak dengan lensa. Biaya pemasangan lensa minus atau plus untuk goggles di Rayhan Jaya Optik, bergantung kepada ukuran minus atau plus yang dimiliki pengguna. 

“Untuk goggles tanpa lensa minus, itu kami jual dengan harga Rp375.000. Kalau dengan lensa, itu bisa di atas Rp500.000. Untuk pemasangan lensa pun, itu tergantung ukuran. Misalkan minusnya nyampe 3 atau 5, itu beda lagi harganya,” ujar Aden.

Inovasi menakjubkan yang dilakukannya, membuat Rayhan Jaya Optik berhasil melanglangbuana ke berbagai event garuk tanah terbesar di tanah air. Salah satunya, MXGP Indonesia 2019 di Semarang. Tidak hanya itu, toko optik ini juga mendapat kepercayaan dari berbagai pembalap garuk tanah tanah air papan atas. Pembalap-pembalap seperti Rizky HK, M. Excel, Farudila Adam Taufan, dan Jepri Bule, adalah pelanggan setianya.

Uniknya, di setiap event balap yang diikuti, Rayhan Jaya Optik memberikan diskon kepada pembalap yang berhasil melakukan holeshot. “Di setiap event yang kami ikuti, kami menawarkan kerjasama dengan penyelenggara, untuk dapat memberikan diskon terhadap pembalap yang berhasil holeshot,” ujar Aden. 

Ke depannya, Rayhan Jaya Optik akan terus bekerjasama dengan para pembalap dirt bike tanah air, dengan tujuan agar nama Rayhan Jaya Optik semakin dikenal luas di kancah dirt bike Indonesia. 

“Saya berharap, ke depannya, bisa semakin banyak event, terutama di Jawa Barat. Dan nama Rayhan Jaya Optik bisa dikenal semakin luas oleh para pecinta olahraga garuk tanah,” ujar Aden sembari menutup percakapan.