Bintang Enduro Spanyol Pol Tarres Taklukkan Gunung Berapi Tertinggi di Dunia Menggunakan Yamaha Tenere 700

By: Angga Kuntara | 19/03/2024
Bintang Enduro Spanyol Pol Tarres Taklukkan Gunung Berapi Tertinggi di Dunia Menggunakan Yamaha Tenere 700
Foto: advpulse.com

BANDUNG, VMXMedia.ID – Dua tahun setelah memecahkan rekor dunia ketinggian dengan Yamaha Tenere 700 miliknya di Pegunungan Andes (2022), pembalap enduro asal Spanyol Pol Tarres melakukannya lagi di 2024 ini –dan kali ini dia melakukannya dua kali lipat. 

Seperti dilaporkan ADVPulse.com, Tarres baru-baru ini kembali ke pegunungan setinggi langit dan menetapkan standar yang lebih tinggi lagi. Tidak hanya dengan memecahkan rekornya sendiri dengan motor petualangan dua silinder, melainkan juga dengan mencetak rekor ketinggian baru untuk sepeda motor satu silinder.

Memecahkan prestasi bersejarah sebelumnya di ketinggian 20.203 kaki (6.158 m), Tarres mencetak rekor dunia baru untuk ketinggian tertinggi yang dicapai dengan sepeda motor satu silinder setelah mencapai ketinggian luar biasa yaitu 21.906 kaki (6.677 m) dengan Tenere World Raid GYTR 

Sepeda motor ini merupakan varian dengan spesifikasi lebih tinggi dari Tenere 700 yang menampilkan tangki ganda, perjalanan suspensi yang lebih besar, dan sejumlah peningkatan lainnya di seluruh sasis untuk mengatasi medan yang lebih ekstrem. 

Gunung yang didakinya adalah Ojos del Salado, gunung berapi tertinggi di dunia, gunung tertinggi kedua di Andes, dan puncak tertinggi di Chili. Beberapa atlet lain telah berusaha untuk menaklukkan tempat yang tidak dapat dihuni ini, dengan tanjakan bebatuan yang curam, lereng curam dan aliran salju, namun sejauh ini tidak ada yang mencapai kesuksesan seperti Tarres. 

Foto: advpulse.com

Menjadi duta Tenere, Tarres memang bertekad kuat untuk mencapai rekor baru di 700 World Raid. Kedua catatan tersebut didaftarkan pada GPS ganda dan diverifikasi oleh tiga pemandu sesuai pedoman yang ditentukan. Ratifikasi resmi atas dua rekor dunia tersebut akan memakan waktu beberapa minggu. 

Tim ekspedisi terdiri dari Pol Tarres, Javi Echevarria (manajer proyek), Miguel Echevarria (kru film), Ahikar Azcona (duta Yamaha & pendukung tim), Joan Espasa (kru film) dan pemandu gunung, Gerardo Bauty, Cristian Órdenes, Thomas Caballero, dan Juan Leon. Didukung oleh Yamaha Motor Europe, Marc Bourgeois dan Yamaha Motor Chile. 

“Mempersiapkan diri menghadapi tantangan ini sulit, banyak yang mengatakan hal itu tidak dapat dilakukan,” kata manajer proyek, Javi Echevarria. “Tapi kami sebagai tim tahu bahwa itulah yang mendorong Pol, untuk melakukan apa yang tidak dipikirkan oleh siapa pun. Ini benar-benar merupakan upaya tim, dan tidak akan mungkin terjadi tanpa keterlibatan semua orang.”

Setelah memetik pelajaran penting dari upaya sebelumnya, Tarres dan seluruh anggota tim  membutuhkan waktu dua minggu untuk menyesuaikan diri di pegunungan Andes. Bahkan dengan kondisi fisik Tarres yang luar biasa, ketinggian adalah kekuatan yang merendahkan hati sebagian besar manusia; dan penyakit ketinggian selalu menemani tim selama proses aklimatisasi ini. Pada ketinggian tersebut berbagai komplikasi kesehatan dapat terjadi, termasuk edema paru, kerusakan otak, dan kematian. 

Setelah melakukan aklimatisasi, Tarres dan tim  mulai mengeksplorasi rute potensial untuk menaklukkan gunung, memanfaatkan YZ450FX dan Tenere untuk menyelesaikan fase pengintaian awal, sekaligus menghadapi tantangan lain yang disebabkan oleh hujan salju yang tidak terduga.

Cuaca juga memainkan peran penting dalam menentukan waktu upaya pencatatan. Dengan prakiraan angin kencang, tim terpaksa mempercepat rencana mereka dan melakukan upaya pada tanggal 6 dan 7 Maret. Akibat hujan salju, jalur menuju puncak barat dan tengah tidak dapat dilalui, sehingga puncak tertinggi dan kawah utama gunung berapi menjadi tujuan yang dipilih tim.

Dimulai dari Refugio Murray pada ketinggian 14.836 kaki (4.522 m), Tarres dan Tenere mencapai rekor ketinggian hanya dalam 50 menit. 

“Di atas 6.000 meter semuanya terasa berjalan sangat lambat, kelelahan fisik tak terlukiskan dan tidak ada ruang untuk kesalahan,” komentar Pol Tarres. ”Jalan kaki saja pun berat tantangannya, apalagi menaiki Tenere di ketinggian ini.” 

Salah satu kendala yang dihadapi pada ekspedisi rekor sebelumnya pada tahun 2022 adalah konsumsi bahan bakar yang jauh lebih berat di ketinggian dibandingkan di permukaan laut. Dalam upaya pencatatan terbaru, masalah ini telah diatasi dengan kit GYTR, khususnya perakitan ECU GYTR dan kapasitas bahan bakar ekstra, yang memungkinkan Tarrés berkendara lebih lama tanpa perlu mengisi bahan bakar.

Suku cadang GYTR dari tahap kedua atau handling kit, termasuk Haan Wheels yang lebih kokoh, garpu depan KYB 48mm, dan suspensi belakang Paioli, juga memastikan performa handling yang optimal di medan menantang Gunung Berapi. 
Selamat yaa, Pol Tarres! (day)