Balap dengan Aman, Ini Perbedaan Safety Gear Motocross dan Supermoto yang Wajib Diketahui

By: VMX Media | 01/06/2023 | 495
Balap dengan Aman, Ini Perbedaan Safety Gear Motocross dan Supermoto yang Wajib Diketahui

VMXMedia.IDPECINTA balap motor mungkin sudah tidak asing dengan perbedaan mendasar antara motocross dan supermoto. 

Motocross adalah motor off-road yang dikendarai pada sirkuit dengan ciri khas medan tanah dan gundukan. Sedangkan supermoto, adalah motor trail yang tidak digunakan di jalan off-road, melainkan di lintasan aspal.

Perbedaan yang paling terlihat antara motocross dan supermoto, adalah dari segi bannya. Motocross menggunakan ban yang kasar, sedangkan supermoto menggunakan ban yang halus dan nyaman. Karena perbedaan tersebut, perlengkapan safety gear di antara keduanya juga berbeda. 

Dilansir kanal Youtube 76Rider, ada 3 perbedaan safety gear antara motocross dan supermoto, yaitu dari segi helm, pakaian, dan sepatu. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Helm 

Pengendara motocross menggunakan helm khusus motocross, dengan bagian visor-nya dilengkapi goggle mask

Sedangkan pengendara supermoto, bisa menggunakan helm motocross, atau bisa juga menggunakan helm road race dan helm full-face.

2. Pakaian 

Pengendara motocross menggunakan jersey, yang dilengkapi chest protector di bagian dada, serta knee dan elbow protector di bagian lutut dan siku.

Sedangkan pengendara supermoto, pakaian yang digunakan biasanya cukup simple, yaitu menggunakan wearpack. Adapun wearpack memiliki fungsi sama, yaitu untuk melindungi pengendara dari bahaya yang terjadi.

3. Sepatu 

Selain helm khusus, pengendara diwajibkan menggunakan sepatu khusus motocross. Sepatu untuk motocross umumnya memiliki ciri khas berupa 4 buckle strap berbahan plastik atau alumunium, jaring-jaring 3D mesh untuk aliran udara maksimal, dan bahan thermoplastic polyeurethane (TPU) di bagian ankle untuk menghindari benturan. 

Untuk supermoto, pengendara bisa menggunakan sepatu road race yang lebih pendek dan ringan. Sepatu road race memiliki bentuk yang kurang lebih serupa dengan sepatu motocross. Perbedaannya, sepatu road race tidak memiliki buckle strap.

4. Sarung Tangan

Sarung tangan atau gloves yang digunakan pada motocross menggunakan bahan kain, sedangkan supermoto menggunakan bahan kulit.* (aa)