Mengenal European Grasstrack Sidecar Championship, Event Grasstrack Sidecar Terbesar di Eropa

By: Ramadhan Abizar | 06/04/2023 | 282
Mengenal European Grasstrack Sidecar Championship, Event Grasstrack Sidecar Terbesar di Eropa
Perhelatan final European Grasstrack Sidecar Championship 2014 di High Easter, Inggris (image source: fim-europe.com)

DI artikel sebelumnya, VMX Media telah membahas 3 Alasan Mengapa Kelas Sidecar Jarang Diperlombakan di Kelas Grasstrack. Kali ini, VMX Media akan membahas mengenai European Grasstrack Sidecar Championship, sebuah perhelatan grasstrack sidecar terbesar di Eropa, bahkan dunia.

European Grasstrack Sidecar Championship adalah perhelatan balap grasstrack menggunakan motor sidecar yang diselenggarakan Union Européenne de Motocyclisme (juga dikenal sebagai FIM Europe). Perhelatan ini diselenggarakan pertama kali pada 1980 di Melsungen, Jerman Barat atau dua tahun setelah penyelenggaraan pertama European Grasstrack Championship pada 1978. 

European Grasstrack Sidecar Championship hanya memperlombakan sidecar bertenaga 500cc. Perhelatan ini terbagi ke dalam dua sesi: semifinal dan final. Semua peserta yang ikut serta mengikuti babak penyisihan di semifinal, kemudian dikualifikasikan siapa saja yang layak untuk masuk ke babak final.

Sepanjang tahun 1980 hingga 2012, European Grasstrack Sidecar Championship menyelenggarakan dua kali semifinal. Namun di tahun-tahun selanjutnya, perhelatan ini hanya menyelenggarakan satu kali semifinal.

Pembalap asal Jerman Thomas Kunert menjadi pembalap paling sukses di ajang European Grasstrack Sidecar Championship. Dalam perhelatan ini, Kunert berhasil memenangkan babak semifinal berturut-turut mulai dari 1994 hingga 2007.

Kesuksesan European Grasstrack Sidecar Championship membuat perhelatan ini sukses menyebarluaskan pengaruh grasstrack sidecar di seantero Eropa. Terutama di negara-negara seperti Jerman, Inggris, Perancis, dan Belanda.

Setelah hampir 40 tahun diselenggarakan, penyelenggaraan European Grasstrack Sidecar Championship berakhir pada 2019 di Eenrum, salah satu desa di Belanda. Perhelatan tersebut berhasil memenangkan pasangan pengendara-penumpang William Mathijssen dan Sandra Molema. Pasangan ini juga berhasil memenangkan babak final European Grasstrack Sidecar Championship berturut-turut mulai dari 2016 hingga 2019. 

European Grasstrack Sidecar Championship sempat akan diselenggarakan kembali pada 2020 dan 2021, namun harus dibatalkan karena pandemi COVID-19. Hingga artikel ini ditulis, belum ada kejelasan mengenai kapan perhelatan tersebut akan diselenggarakan kembali.

Apakah braaapers tertarik untuk mengetahui para pemenang European Grasstrack Sidecar Championship dari tahun 1980 hingga 2019? Braaapers bisa melihatnya melalui link berikut ini.