Event

Ketua Umum IMI Apresiasi Kasal Cup JC Supertrack: Upaya Kolaboratif yang Berhasil Gairahkan Olahraga Balap Grasstrack dan Motocross

By: Delisti Putri Utami | 18/10/2023 | 145
Ketua Umum IMI Apresiasi Kasal Cup JC Supertrack: Upaya Kolaboratif yang Berhasil Gairahkan Olahraga Balap Grasstrack dan Motocross
Kasal Cup JC Supertrack 2023 Seri 3, Salatiga, Jawa Tengah

DELI SERDANG, VMXMedia.ID – Grand final Kejurnas GTX-MX Kasal Cup JC Supertrack 2023 telah sukses digelar di Sirkuit Jaharun, Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Sabtu-Minggu (14-15/10). Event yang memadukan tiga titel kejuaraan sekaligus ini, yakni Grand Final Kejurnas Grasstrack, Final Kejurnas Motocross, dan Final Kejurnas JC Supertrack, mendapat apresiasi dari Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, yang akrab disapa Bamsoet.

“Kejuaraan ini bukan hanya menjadi ajang unggul bagi para pembalap, melainkan juga memberikan dampak positif dalam membangkitkan perekonomian melalui UMKM, industri otomotif, serta peningkatan sport tourism di Sumatera Utara,” ungkap Bamsoet, seperti dilaporkan detik.com, belum lama ini.

Dalam gelaran ini, Lantian Juan berhasil menyabet gelar Juara Umum GTX Pro Kejurnas JC Supertrack. Prestasinya dibalas dengan satu unit rumah, tropi, dan piagam penghargaan. Sementara itu, Muhamad Rubin Caesar meraih Juara Umum GTX Pemula dan membawa pulang hadiah sepeda motor trail, tropi, serta piagam penghargaan.

Tak hanya itu, para juara nasional motocross dan grasstrack 2023 juga memperoleh pengakuan mereka. Di kategori motocross, juara-juaranya meliputi Elliot Roland King sebagai Juara Nasional MX 50cc, Djanoko Mahija Aribowo sebagai Juara Nasional MX 65cc, M. Athar Alghifari sebagai Juara Nasional MX 85cc, M. Arsenio Algifari sebagai Juara Nasional MX 125cc, Diva Ismayana sebagai Juara Nasional MX2, dan Hilman Maksum sebagai Juara Nasional MX1. Sementara itu, di grasstrack ada Rubin Caesar yang double Juara Nasional kelas Pemula, yaitu Trail Standar dan Bebek Modik; M. Zidane Juara Nasional Trail Standar Pro; dan Inggil Bernarditus sebagai Juara Nasional Bebek Modif Pro.

Sementara itu, di kategori grasstrack, Rubin Caesar tampil sebagai bintang dengan meraih gelar Juara Nasional kelas Pemula, baik di kategori Trail Standar Pemula maupun Bebek Modif Pemula. Gelar Juara Nasional Trail Standar Pro jatuh pada M. Zidane, sementara Inggil Bernarditus menyabet gelar Juara Nasional Bebek Modif Pro.

Menurut Bamsoet, Kejuaraan ini adalah hasil dari sinergi antara IMI, TNI AL, pemerintah daerah, dan JC Supertrack sebagai pihak swasta. Upaya kolaboratif ini berhasil menggairahkan olahraga balap grasstrack dan motocross.

“Kasal Cup JC Supertrack ini baru pertama kali diselenggarakan melalui sinergitas IMI bersama TNI AL, pemerintah daerah, serta JC Supertrack sebagai pihak swasta. Menggairahkan olahraga balap grasstrack dan motocross sekaligus membangkitkan perekonomian melalui UMKM, industri otomotif, serta peningkatan sport tourism,” ujar Bamsoet

Selain kompetisi balap, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan dari TNI AL, termasuk demonstrasi terjun payung dari kesatuan pasukan khusus TNI AL, seperti Denjaka, Taifib, dan Kopaska. Bahkan, ada juga penampilan menarik oleh Poppi Tri Anggriani dari Satuan Kerja Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) yang melibatkan wanita TNI AL dalam demonstrasi terjun payung.

Bamsoet menambahkan, “Dukungan TNI AL terhadap kejuaraan ini sangat luar biasa, dengan menyediakan sarana transportasi menggunakan KRI Semarang-594 untuk para pembalap dan kru dari berbagai daerah. KRI Semarang-594 berangkat dari Jakarta menuju Medan sejak 7 Oktober 2023, dan tiba di Belawan, Sumatera Utara pada 11 Oktober 2023. Pada saat kepulangan pada 16 Oktober 2023, peserta juga diantar menggunakan KRI Semarang-594 menuju Jakarta, sebelum kembali ke daerah asal masing-masing.”

Kasal Cup JC Supertrack terdiri dari lima putaran yang berlangsung di berbagai lokasi, seperti Mojokerto Jawa Timur, Kota Tegal Jawa Tengah, Salatiga Jawa Tengah, Gresik Jawa Timur, dan akhirnya Deli Serdang Sumatera Utara. 

Event ini bukan hanya sebagai wadah bagi pembinaan prestasi atlet balap grasstrack dan motocross, tetapi juga memberikan dampak positif dalam menstimulasi pertumbuhan ekonomi kreatif serta UMKM bagi masyarakat di berbagai wilayah yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan event. Hal ini sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata dan ekonomi kreatif daerah setempat, membuktikan bahwa olahraga dan ekonomi dapat berjalan beriringan,” tegasnya. (dpu)