Jadi Alat Komunikasi Penting di Sirkuit, Ini Arti Bendera dalam Balap Motocross dan Grasstrack

By: Delisti Putri Utami | 23/05/2023 | 555
Jadi Alat Komunikasi Penting di Sirkuit, Ini Arti Bendera dalam Balap Motocross dan Grasstrack

VMXMedia.ID – BALAP motocross dan grasstrak adalah dua jenis olahraga motor yang menarik dan penuh adrenalin. Di dalam olahraga ini, penggunaan bendera memiliki peran penting sebagai alat komunikasi yang memberikan informasi kepada para pembalap.

Di balik warnanya yang beragam, setiap bendera memiliki makna khusus yang harus dipahami dengan baik oleh peserta balap dan penonton. Dalam artikel ini, kita akan menjelajah arti dari berbagai bendera yang digunakan dalam balap motocross dan grasstrack sebagaimana tertuang di dalam aturan.

1. Bendera Merah

Bendera merah memiliki arti berhenti untuk semua. Saat bendera merah dikibarkan, semua pembalap harus segera menghentikan motornya dan mengikuti instruksi petugas balap. Bendera ini digunakan untuk memberi tahu pembalap bahwa perlombaan dihentikan dengan segera. Ini bisa terjadi karena kecelakaan serius, cuaca ekstrem, atau situasi darurat lainnya. Ketika bendera merah dikibarkan, semua pembalap harus segera menghentikan motornya dan mengikuti instruksi petugas balap.

2. Bendera Hitam dengan Papan Nomor Pembalap

Saat bendera ini dikibarkan, pembalap yang bersangkutan harus berhenti dan tidak boleh melanjutkan perlombaan.

3. Bendera Hitam dengan Bulatan Jingga dan Papan Nomor Pembalap

Bendera ini mempunyai arti pembalap yang nomor kendaraannya ada di bendera harus segera masuk ke area perbaikan (pit) untuk melakukan perbaikan kendaraan. Setelah perbaikannya selesai, pembalap tersebut masih dapat melanjutkan perlombaan.

4. Bendera Kuning

Bendera kuning digunakan untuk memberi peringatan kepada para pembalap tentang adanya bahaya di sirkuit. Ini bisa berarti ada penghalang di trek, insiden atau kecelakaan di depan, cuaca yang buruk, atau kondisi sirkuit yang licin. Ketika bendera kuning dikibarkan, semua pembalap diharapkan untuk mengurangi kecepatan, tetap waspada, dan dilarang mendahului. Apabila melanggar, pembalap bisa dikenai sanksi pengurangan 1 putaran.

5. Bendera Biru

Bendera ini dikibarkan untuk memperingati pembalap agar hati-hati karena ada pembalap lain yang akan mendahuluinya. Pembalap yang bersangkutan diharapkan untuk tetap berada di jalur. Perlu diketahui, bendera ini hanya digunakan petugas bendera tambahan khusus.

6. Bendera Hijau

Bendera ini memiliki arti lintasan bebas atau bersih untuk start. Bendera ini hanya dapat digunakan oleh petugas bendera khusus pada saat akan dilakukan start balapan.

7. Bendera Hitam Putih Kotak-Kotak

Saat bendera ini dikibarkan, berarti sesi latihan atau balapan telah berakhir atau selesai.

8. Bendera Putih Silang Merah

Bendera ini mengisyaratkan agar pembalap hat-hati dan jalan perlahan karena ada tim medis di lintasan. Pada momen ini, pembalap dilarang mendahului atau melakukan jump di daerah tersebut.


Nah, braaapers itulah 8 bendera dan artinya yang sering digunakan dalam balap motocross dan grasstrack berkomunikasi. Perhatikan baik-baik, ya!