VMX.ID – Kejuaraan Supercross Energi Monster 2022 diselenggarakan dengan panduan buletin Homoligasi terbaru oleh AMA. Pengumuman Homoligasi untuk menguraikan model, tipe dan tahun produksi sepeda motor yang disetujui untuk kompetisi pada tahun 2022.
Terdaftar 32 Motocross dengan cakupan edisi standar, edisi khusus yang baru-baru ini dirilis, dan pilihan mesin dua langkah. Tujuh pabrikan di antara empat pabrikan Jepang dari Honda-Yamaha-Kawasaki-Suzuki dan3 pabrikan Eropa KTM-Husqvarna-GASGAS. Sebenarnya selai tujuh pabrikan motor tersebut, ada beberapa merk motocross yang ingin bergabung berkompetisi di AMA Supercross, salah satunya adalah Beta. Dikarenakan terlambat mendaftarkan varian terbarunya, Beta jadi tertunda menyemarakan kompetisi perhelatan kroser – kroser terkemuka ini.
Peraturan AMA mengharuskan pabrikan ataupun distributor, wajib memberi pernyataan model dan tipe motor yang akan di pakai bala selama musim kompetisi. Peraturan tersebut tercantum dalam buku birunya AMA (bagian 1.1 dalam buku peraturan 2022).
Dalam peraturan tersebut terdapat mandat yang menyatakan bahwa setidaknya 400 unit harus tersedia untuk di pasarkan ke publik, dengan minimal 200 sepeda harus berada di AS pada 1 Maret dan setidaknya 400 unit pada 1 Juni 2022.
Persetujuan kelayakan untuk periode terbatas, baik lima tahun atau ketika merk tersebut memutuskan untuk menarik dukungannya dari model tertentu. Dan jenis model atauu tipenya dapat berubah seiring musim berlanjut. Aturan displacement atau perpindahannya pembalap untuk menggunakan Motocross 250cc 4 tak di Kelas 450cc. Tetapi 250cc dua-tak tidak diperbolehkan untuk balapan di Kelas 250cc, karena secara teknis perbandingan 2 Tak dan 4 tak adalah 1:2.
credit picture : swapmoto