Hadirkan 2 Jalur, TRABAS Merdeka 20 Terapkan Ketentuan Berbeda bagi Peserta Jalur Off-road dan Dual Purpose

By: VMX Media | 09/09/2023 | 306
Hadirkan 2 Jalur, TRABAS Merdeka 20 Terapkan Ketentuan Berbeda bagi Peserta Jalur Off-road dan Dual Purpose

BANDUNG, VMXMedia.ID – Dalam event TRABAS Merdeka 20 yang berlangsung hari ini dan besok (9-10/9), terdapat dua jalur, yakni jalur adventure off-road (tanah) dan adventure dual-purpose (aspal). 

Dilansir situs resmi TRABAS Merdeka 20, pihak TRABAS menerapkan ketentuan berbeda antara jalur off-road dan jalur dual-purpose, yang harus dipatuhi para peserta. Apa saja ketentuannya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Lingkar Roda

Untuk jalur off-road, lingkar roda minimum adalah 18 inci (belakang) dan 21 inci (depan). Peserta harus menggunakan ban knobby (ban pacul / ban motocross) dengan kondisi keausan minimal 70 persen.

Sedangkan untuk jalur dual-purpose, lingkar roda minimum adalah 17 inci (belakang) dan 17 inci (depan). Peserta harus menggunakan ban dual-purpose bersifat semi knobby, dengan kondisi minimal 70 persen dan non-slick (non-supermoto).

2. Mesin 

Mesin yang digunakan, baik untuk peserta jalur off-road, maupun jalur dual-purpose, adalah mesin dengan jenis sport (kopling). Tidak diperkenankan menggunakan mesin matic atau bebek non-kopling.

Khusus untuk jalur off-road, batas maksimum kapasitas mesinnya adalah 500cc untuk 4 tak, dan 350cc untuk 2 tak. 

3. Pannier 

Bagi peserta jalur off-road, tidak diperkenankan untuk membawa barang di samping bagian belakang kendaraan. 

Sedangkan bagi peserta jalur dual-purpose, diperkenankan membawa barang di samping bagian belakang kendaraan. Namun dengan catatan, peserta sudah memahami resiko yang akan dihadapi apabila melakukannya.

Perlu diingat, baik sweeper maupun mekanik, keduanya berhak meninggalkan peserta apabila terjadi sesuatu pada peserta yang melanggar ketentuan yang dipersyaratkan.

Pada hari pertama, Sabtu (9/9), peserta yang tergabung dalam TRABAS Merdeka 20, akan melakukan riding mulai dari Tasikmalaya hingga Batukaras, Pangandaran. Sedangkan pada hari kedua, Minggu (10/9), peserta akan melakukan riding dari Batukaras hingga Banjar. Adapun antara jalur off-road dan dual-sport, diberikan jalur terpisah. (raf)