Event

Grasstrack: Olahraga Lokal Indonesia yang Unik dan Membudaya di Kalangan Masyarakat

By: Delisti Putri Utami | 30/03/2023 | 346
Grasstrack: Olahraga Lokal Indonesia yang Unik dan Membudaya di Kalangan Masyarakat
Grasstrack: Olahraga Lokal Indonesia yang Unik dan Membudaya di Kalangan Masyarakat (Foto: @agismaulana41/instagram.com/jepri_bulee)

VMX.ID – GRASTRACK memiliki tempat khusus di hati masyarakat Indonesia. Selain memiliki basis penggemar yang cukup besar, grasstrack juga sering dijadikan sebagai ajang kompetisi di berbagai daerah di Indonesia, baik yang sifatnya lokal (kejuaraan kampung), provinsi (kejuaraan daerah), maupun nasional (kejuaraan nasional).

Popularitas grasstrack di Indonesia dapat dilihat dari peningkatan jumlah pembalap dari waktu ke waktu, lahirnya berbagai komunitas terkait, dan banyaknya kejuaraan yang diselenggarakan.

Mewabahnya ketiga hal tersebut selain telah membentuk sebuah kultur baru dalam dunia balap di Indonesia, juga menjadi hal yang memantik penguatan besarnya animo masyarakat dalam menempatkan dunia garuk tanah sebagai salah satu media hiburan yang menegangkan sekaligus menyenangkan.

Meskipun sering dibandingkan dengan olahraga balap motor lainnya seperti motocross, grasstrack memiliki perbedaan signifikan yang membuatnya unik dan menarik bagi para penggemarnya.

Grasstrack adalah olahraga garuk tanah yang lahir dan tumbuh subur di Indonesia. Para penggemar motor  era 80-an pasti sudah tidak asing dengan istilah grasstrack karena pada waktu itu banyak motor bebek yang dimodifikasi untuk diperlombakan.

Kendati grasstrack adalah olahraga ekstrem asli Indonesia, kejuaraan grasstrack sebetulnya tidak hanya ada di Indonesia, melainkan juga di beberapa negara Asia lain seperti Thailand dan Malaysia. Di Inggris pun pernah diadakan kejuaraan grasstrack. 

Meskipun begitu, animo dan kepopuleran grasstrack di negara-negara tersebut tidak sebesar di Indonesia. Oleh karena itu, bukan hal yang berlebihan apabila menyebut grasstrack sebagai hal yang sudah menjadi kultur balap di Indonesia.

Lain halnya dengan motor yang digunakan di motocross, motor yang dipakai di grasstrack adalah motor komersial, motor harian yang bisa dan biasa digunakan ibu-ibu ke pasar, anak-anak ke sekolah, dan sejenisnya yang sering ditemui di jalan. Dengan kata lain, motor yang digunakan adalah motor yang dijual bebas di pasaran yang kemudian dimodifikasi sendiri di beberapa bagian agar lebih layak dan aman untuk dipakai balap. 

Modifikasi motor dapat dilakukan sesuai dengan kelas yang diikuti saat kejuaraan grasstrack. Adapun bentuk modifikasinya dapat dilakukan di beberapa bagian mulai dari suspensi, mesin, rangka, sampai pada ban. Dalam proses modifikasi ini, kreativitas pembalap dan mekanik dalam merancang motor sangat diperlukan karena tidak ada pabrik yang secara khusus membuat motor untuk grasstrack.

Faktor utama yang membuat grasstrack sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah karena mudah diakses oleh para pemula. Motor yang digunakan untuk grasstrack tidak terlalu mahal sehingga banyak orang yang dapat membelinya dan mencoba olahraga ini. Namun, saat ini proses perancangan dan perawatannya relatif lebih mahal dibandingkan sebelumnya.

Kelas yang diperlombakan di grasstrack biasanya dibagi ke dalam beberapa kategori yang ditentukan berdasarkan tipe motor, cc mesin, dan usia pembalap.
Apakah braaapers tertarik untuk menjadi pembalap grasstrack?