Bukan Kali Pertama, Ternyata Indonesia Sudah Beberapa Kali Menjadi Tuan Rumah MXGP

By: VMX Media | 03/04/2023 | 348
Bukan Kali Pertama, Ternyata Indonesia Sudah Beberapa Kali Menjadi Tuan Rumah MXGP

BANDUNG, VMX.ID – MXGP atau FIM Motocross World Championship merupakan ajang balap motocross yang paling populer dan bergengsi di dunia. Kejuaraan dunia yang diikuti oleh pabrikan seperti KTM, Kawasaki, Husqvarna, Suzuki, Honda, dan Yamaha ini telah diselenggarakan di berbagai negara Eropa dan Asia. Di Indonesia ajang ini sudah beberapa kali diselenggarakan, lo!

Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah MXGP  pada 1995. Saat itu ajang tersebut dilangsungkan di Yogyakarta dan berlanjut pada 1996. Tidak berhenti di sana, pada 1997 MXGP dilangsungkan di Bandung sebelum akhirnya vakum.

Setelah lebih dari dua dekade vakum, sesuai dengan kontrak, pada 2017  Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah MXGP, tepatnya di Pangkalpinang, Bangka Belitung dengan total dua seri. Di tahun-tahun berikutnya Indonesia selalu kebagian untuk menggelar 2  seri MXGP.

Pada 2018 MXGP di Indonesia kembali diselenggarakan di Pangkalpinang pada 1 Juli. Selang seminggu kemudian, tepatnya pada 8 Juli, ajang ini digelar di Semarang, Jawa Tengah.

Namun, karena pandemi covid-19, pada 2020 dan 2021 Indonesia absen menggelar MXGP, dan baru kembali menggelar perhelatan akbar tersebut pada 2022 dengan lokasi di Sumbawa.


Beberapa nama pembalap Indonesia yang pernah bertarung di ajang balap motor paling bergengsi ini, di antaranya, Delvintor Alfarizi, Diva Ismayana, Farhan Hendro, dan Ananda Rigi.  (dpu)