Event

Bagaimana Nomor Start Motocross Ditetapkan? Simak Penjelasannya

By: VMX Media | 10/11/2022 | 892
Bagaimana Nomor Start Motocross Ditetapkan? Simak Penjelasannya

NEWS.VMX.ID – Diajang balap, nomor start adalah indentik dengan tanda kuncian mengenal seorang pebalap.Nomor start biasanya indentik dengan tanggal tahun kelahiran,sejarah pribadi dan nomor favorit idolanya. Dikejuaraan dunia, jika seorang pebalap menjuarai kejuaraan, otomatis untuk musim kejuaraan tahun berikut mendapatkan nomor start #1 yang digunakan untuk menjalankan perlombaan.

Apa itu nomor Motocross atau Supercross?

Ini adalah nomor unik yang ditentukan setiap tahun yang dipasang di pelat nomor dan di bagian belakang jersey pebalap sehingga mudah dikenali saat balapan. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasi pebalap saat berada dilintasan.

Seorang pebalap dapat memiliki makna sentimental di balik nomor start yang menandakan sesuatu seperti suatu peristiwa, tanggal khusus, atau bahkan ikatan khusus sejarah spesial.

Contohnya peraturan di American Motorcyclist Association (AMA), dalam menentukan nomor berdasarkan urutan pemenang, ketersediaan nomor,dan jika pengendara tetap balapan di kelas yang sama. Urutan 100 pebalap teratas mendapatkan nomor dua digit dan 10 pembalap teratas memilih nomor dua digit Karir Permanen. Juara di masing-masing kelas menjalankan papan nomor start #1 ditahun berikutnya.

Pada tahun 2000, baik Motocross dan Supercross menerapkan sistem penomoran yang mengubah cara pemberian nomor. Sistem penomoran ini bervariasi pada beberapa kondisi yang berbeda sehingga bisa sangat membingungkan yang awam.

Dalam menempatkan 100 teratas untuk poin gabungan di MX dan SX, AMA menentukan Nomor Profesional yang digunakan untuk musim berikutnya. Juara nasional memiliki kemampuan untuk memilih nomor satu digit jika mereka memilih untuk melakukannya. Jika tidak termasuk dalam 100 besar, harus memilih nomor tiga digit direntang antara angka 101-999.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan nomor start Motocross atau Supercross. Aturannya, nomor pebalap dapat berfluktuasi dari musim ke musim. American Motorcyclist Association merilis nomor Top Motocross/Supercross setiap musim gugur dan ini didasarkan pada beberapa kondisi:

Kelas – Pada akhir tahun poin dihitung dari kelas Motocross 250/450 dan Supercross 250/450 dan digabungkan untuk membuat daftar pembalap teratas. Seorang pebalap diperbolehkan/didorong untuk balapan di beberapa kelas sepanjang tahun. Contohnya, jika pembalap supercross wilayah Pantai Barat 250 berlomba di kelas 450 di Pantai Timur.

Poin – Faktor poin keseluruhan untuk menentukan posisi peringkat. Setelah nomor permanen ditetapkan, pebalap profesional harus mendapatkan setidaknya 25 poin Kejuaraan per musim untuk mempertahankan posisi mereka saat ini. Pengecualian dipertimbangkan jika pebalap mengalami cedera atau memiliki keadaan yang tidak terduga.

Juara 1 – Jika seorang pebalap memenangkan kejuaraan di kelasnya masing-masing, mereka berhak atas plat nomor start #1 untuk digunakan di musim kompetisi tahun depan. Jika pebalap itu mengubah kelas, tidak diizinkan untuk menjalankan plat nomor start #1.

Tie-breaker– keputusan berdasarkan dengan melihat faktor-faktor seperti siapa yang berlomba di lebih banyak kelas, berapa banyak kejuaraan yang masing-masing dimenangkan, dan siapa yang menyelesaikan yang terbaik secara keseluruhan.

Menempatkan Top 10– Menjadi 10 besar di klasemen poin keseluruhan untuk kedua kelas untuk tahun ini memungkinkan pengendara untuk memilih nomor permanen. Mereka diperbolehkan untuk memilih nomor antara 11-99. Jika ada beberapa opsi, itu terserah preferensi pribadi pebalap.

Menempatkan Top 100– Setelah masuk ke 100 besar, pebalap pro mendapatkan nomor 2 digit berdasarkan klasemen poinnya dan nomor terendah yang tersedia.

Juga ada pertimbangan pada penyelenggara lomba, yaitu berdasarkan kelompok usia, contohnya seperti:

Huruf C untuk pengendara dalam kelompok usia 40

Huruf A untuk anak muda, Huruf W dan X dapat mewakili jenis kelamin perempuan.

Huruf M atau Y bisa melambangkan laki-laki atau laki-laki.

Alasan lain untuk menambahkan surat adalah untuk pengendara yang benar-benar tidak ingin memberikan nomor mereka dan orang lain memilikinya. Cukup menambahkan karakter lain , contohnya menambahkan huruf.

Alasan utama untuk menambahkan huruf setelah nomor start adalah untuk menunjukkan kategori/klasifikasi pengendara seperti: Amatir: A, Senior: S, Junior: J, Menengah: I atau Profesional:P

Warna dasar nomor start dikelas 450, latar belakang putih dengan nomor hitam dan dikelas 250, latar belakang hitam dengan angka putih.

Untuk kelas wanita dengan dasar warna biru bertuliskan angka berwarna putih. Jika pebalap wanita berlomba di kelas 450 atau 250 bersama pebalap laki-laki, diharuskan menjalankan plat nomor kelas yang ditentukan. Pemegang poin untuk kejuaraan tertentu, mendapat plat nomor berlatar belakang merah. Ini bisa berubah antara pebalap dari minggu ke minggu, tergantung pada siapa yang menjadi pemimpin poin saat ini.

Pengendara bisa mendapatkan atau kehilangan nomor mereka berdasarkan kinerja.