Apa Sih, Fungsi Juri di Ajang Balap? Ini Penjelasannya!

By: VMX Media | 10/06/2023 | 192
Apa Sih, Fungsi Juri di Ajang Balap? Ini Penjelasannya!

TEGAL, VMXMedia.ID – Kejurnas GTX-MX Kasal Cup JC Supertrack 2023 Putaran 2 berlangsung di Sirkuit Bung Karno, Tegal, (10-11/6). Dalam setiap gelaran motocross dan grasstrack, selalu ada juri yang mengawasi, termasuk dalam Kejurnas GTX-MX JC Supertrack kali ini.

Ternyata, fungsi dari dewan juri selain mengawasi perlombaan juga mengawal regulasi termasuk dalam persoalan layak atau tidaknya sebuah sirkuit dalam menyelenggarakan sebuah event braaapers. 

”Fungsi juri adalah mengawasi perlombaan, mengawal regulasi, termasuk ya soal sirkuit yang harus dilakukan inspeksi supaya tau layak atau tidak,” tutur Arif dari PP IMI Pusat yang didaulat sebagai Juri di event Kasal Cup JC Supertrack 2023.

Gelaran JC Supertrack putaran 2 ini menggunakan sistem race director yang berbeda dengan sistem COC (clerk of the course) yang apabila ada protes tidak ditujukan kepada juri, melainkan race director. Kini, keputusan akhirnya adalah hak dari juri perlombaan.

”Pada event balap, protes yang dilakukan oleh pembalap atau tim akan dinilai oleh juri yang kemudian diputuskan untuk diterima atau ditolak,” ujar Arif. (ss)