Track Location

Terkenal karena Kemegahan Pemandangannya, Inilah Sisi Lain dari Sirkuit Honey Lake MX

By: Ramadhan Abizar | 29/10/2022 | 373
Terkenal karena Kemegahan Pemandangannya, Inilah Sisi Lain dari Sirkuit Honey Lake MX
Honey Lake MX, trek motocross paling menantang di Amerika Serikat (source: mxbrothers.com)

Berbicara mengenai motocross, para crosser pasti sudah sangat akrab dengan kondisi trek. Keadaan trek yang terbilang aman boleh jadi akan membuat crosser merasa lega saat balap. Namun, bagaimana jadinya jika trek motocross banyak melewati lembah yang curam dan terjal?

Hal inilah yang terjadi pada sebuah sirkuit motocross di California, United States, bernama Honey Lake MX. Jika melihat beberapa tayangan di YouTube secara sekilas, Anda akan terpesona dengan kemegahan pemandangannya. Namun, tahukah Anda di balik pemandangannya yang menawan, ada sisi lain yang tersirat dari sirkuit yang berlokasi di Lassen County ini?

Banner Honey Lake Motocross Park (source: vitalmx.com)

Berbeda dengan sirkuit yang berlokasi sama di Amerika seperti RedBud MX atau Unadilla MX yang masih relatif aman, Honey Lake MX menghadirkan trek motocross dengan medan berupa lembah yang terjal. 

Dengan ketinggiannya yang mencapai sekitar 400 kaki dan panjang sekitar 1 mil dan dikelilingi bukit-bukit dengan pohon kayu yang berserakan, tak heran bila Honey Lake MX disebut-sebut sebagai sirkuit motocross paling menantang seantero Amerika Serikat

Tidak diketahui secara pasti kapan persisnya Honey Lake MX ini berdiri. Sejak tahun 2001 hingga 2013 sirkuit ini dikelola pihak keluarga Wosick yang diwakili Larry dan Lise Wosick. Namun, karena satu dan lain hal, sirkuit ini mengakhiri race-nya pada 2013 dan berujung dengan dijual. 

Setelah dijual, akhirnya, Honey Lake MX kembali dibuka dengan kepemilikan baru di bawah nama Braeden Keena, Cole Woloscsuk, dan James Kirk pada 2016. 

Honey Lake MX dengan trek menantangnya menyediakan fasilitas balap motocross mulai dari kategori novice, mini bike, hingga 50cc. Honey Lake MX juga dikenal sebagai sirkuit tempat penyelenggaraan berbagai kejuaraan motocross dunia, salah satunya adalah World Off-Road Championship Series (WORCS) yang rutin diadakan di sirkuit tersebut sejak 2005 hingga 2019.

Robby Bell, crosser asal Amerika Serikat di Round 8 World Off-Road Championship Series yang digelar di Honey Lake MX, 2013 (source: worcsracing.com)

Selain untuk penyelenggaraan WORCS, Honey Lake MX juga kerap digunakan sebagai memorial race untuk memperingati kematian Corey Herring, crosser yang hilang saat balapan pada 2008. Herring juga dikenal sebagai penggalang dana beasiswa untuk para crosser muda Amerika. 

Kemegahan pemandangan dan trek yang terjal sekaligus paling menantang di Amerika Serikat ini membuat Honey Lake MX menjadi daya tarik pengembangan sektor pariwisata di Lassen County.

Apakah Anda tertarik menjajal sirkuit Honey Lake MX?