Mengenal Jalur Eksotis Hambalang-Gunung Pancar-Cisadon yang Indah dan Menantang Adrenalin

By: VMX Media | 31/03/2023 | 521
Mengenal Jalur Eksotis Hambalang-Gunung Pancar-Cisadon yang Indah dan Menantang Adrenalin

Written by Munandar Nuch Arsih

VMX.ID – HAMPIR setiap akhir pekan,  ketika melewati jalur Puncak via Hambalang hingga Sentul, dipastikan menjumpai pengendara dirtbike melintas. Mereka adalah komunitas adventure motor trail yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan beberapa kota lainnya.

Jalur Hambalang-Gunung Pancar-Cisadon ini sangat menantang adrenalin, dan kepiawaian handling motor trail benar-benar diuji. Sepanjang jalan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Dengan variasi jalur single track, serta tanjakan dengan tipikal tanah gembur, otomatis membuat alur tanah jadi licin.

Hati-hati juga, jarak trek dengan jurang begitu tipis, hanya beberapa centimeter. Jika tak mampu handling dengan baik, bisa-bisa terperosok ke dalam jurang, lo, braaapers.

Tantangan lainnya, sewaktu-waktu akan menjumpai jalur longsor yang berbatu. Yang menarik, ada tanjakan setan, yaitu jalur menanjak dengan jenis tanah dan bebatuan licin. Jalur tanjakan setan ini memang direkomendasikan hanya dilewati ketika musim kemarau.

Setelah tanjakan setan, masuk arah goa monyet dengan pemandangan hutan pinus. Jalur single track dengan banyak turunan dan tanjakan ini, ada satu handicap yang cukup menguras keringat. Saat berada di jalur pinus yang harus melewati dua sungai, riding gear pengendara pasti basah. Jalur dengan karakter tanah basah, niscaya akan menguji stamina pengendara dan performa motor.

Setelah melewati jalur ini, pengendara wajib rehat sejenak untuk memulihkan tenaga. Selain jalur di atas, ada pula jalur Goa Monyet, Desa Cigobang, Gunung Pancar, dan berakhir di Cisadon. Yang jelas, kedua jalur ini menyuguhkan tanjakan, sungai, jalur lumpur, dan jalur porselin yang amat menguras tenaga.

Jalur Gunung Pancar-Cisadon sebenarnya belum terlalu layak untuk dilewati, karena trek sangat sempit, curam dan miring; dan bahkan beberapa di antaranya kerap dilanda longsor dan sulit dilewati.

Nah, braaapers tertarik untuk ngetrail ke sini? Jangan lupa gunakan seluruh alat keselamatan yang dibutuhkan. Tentu saja, braaapers tidak direkomendasikan nerebas sendirian ke jalur ini, ya.