Inilah Keunikan Sirkuit Samota, “Tuan Rumah” MXGP Indonesia di Sumbawa 

By: VMX Media | 22/06/2023 | 312
Inilah Keunikan Sirkuit Samota, “Tuan Rumah” MXGP Indonesia di Sumbawa 

SUMBAWA, VMXMedia.ID – Sirkuit Samota akan menjadi tuan rumah MXGP Indonesia 2023 Seri Pertama, Sabtu-Minggu (24-25/6). Lokasi sirkuit yang terletak di bukit dan menjurus ke arah laut, memberikan keunikan tersendiri.

Sirkuit yang terletak di Sumbawa Besar, NTB ini, dibuat di bekas area lahan jagung seluas 20 hektar. Sirkuit ini menawarkan kontur bukit dan lembah dengan view landscape 360 derajat. Di sisi timur, sirkuit ini diapit Pulau Moyo. Sedangkan di sisi utara, diapit Laut Flores.

Sirkuit Samota memiliki panjang 1800 meter dengan 18 tikungan dan 11 tantangan di sepanjang trek.

Dilansir liputan6.com, Novel Adi selaku Track Management Sirkuit Samota mengungkapkan, sirkuit ini berbeda dengan sirkuit lain di dunia, garis start di sirkuit ini tidak datar melainkan menurun dan menyamping (elevasi). Di tengah sirkuit, terdapat Pohon Lita atau Pohon Pulai yang menempel dan menyelimuti Pohon Asam di tengah sirkuit.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, Sirkuit Samota Sumbawa adalah sirkuit terbaik di dunia karena paling indah dan menantang bagi pembalap. Menurutnya, sirkuit ini bisa dijadikan tempat wisata, dan bisa digunakan berbagai kegiatan lainnya sehingga patut dipertahankan sebagai sirkuit yang istimewa.

Sudah siap merasakan keunikan dari Sirkuit Samota di MXGP Sumbawa 2023? Jangan lupa ramaikan yaa, braaapers! (ss)