Tertarik Membeli Motor Trail Vintage? Perhatikan 5 Hal Ini agar Tak Salah Langkah

By: Angga Kuntara | 06/09/2023 | 174
Tertarik Membeli Motor Trail Vintage? Perhatikan 5 Hal Ini agar Tak Salah Langkah

VMXMedia.ID – BARANG-BARANG antik atau vintage, memiliki nilai jual tersendiri bagi para penggunanya. Salah satu nilai jual yang terdapat pada barang antik, adalah nilai estetika yang membuat penggunanya tertarik untuk mengkonsumsinya.

Hal tersebut juga terjadi pada motor trail antik. Motor trail antik, memiliki nilai estetika dan sejarah yang luar biasa, sehingga penggunanya memiliki kebanggaan tersendiri apabila menggunakannya. 

Meskipun nilai estetika dan kisahnya terbilang besar, ada 5 hal yang harus diperhatikan sebelum mulai membeli dan mengkonsumsi motor trail antik. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kondisi Mesin dan Kerangka

image source: motorcycle-trader.co.uk

Sudah bukan rahasia lagi, mesin adalah elemen paling krusial pada motor trail, terlebih pada motor trail antik. Kondisi mesin yang masih bagus, menjadi alasan utama motor trail antik dapat digunakan dengan baik dalam keseharian.

Sebelum membeli, periksa kondisi mesin dan kerangka secara menyeluruh. Pastikan tak ada kerusakan pada bagian mesin, suspensi, dan kerangka. Selain itu, perhatikan pula tanda-tanda korosi dan retak pada bagian kerangka.

2. Riwayat Perawatan

image source: vintagemotortees.com

Selain mesin, riwayat perawatan motor menjadi hal yang tak kalah krusial dalam hal penggunaan motor trail antik. Motor trail antik harus dirawat sebaik-baiknya agar berumur panjang dan tahan lama. 

Sebelum membeli, pastikan motor telah menjalani perawatan rutin, seperti penggantian oli berkala, filter udara, dan perbaikan lainnya. 

3. Kelengkapan dan Originalitas

image source: motorcycle-for-sale.biz

Motor trail antik dengan kelengkapan dan originalitas yang sama persis seperti ketika pertama membeli, tentu memiliki nilai historis yang luar biasa. 

Sebelum membeli, periksa kembali kelengkapan dan originalitas dari seluruh bagian dalam motor trail. Pastikan pula tak ada modifikasi yang dapat melunturkan nilai sejarah motor. 

4. Dokumen dan Legalitas

image source: tribunnews.com

Dalam berkendara, apapun kendaraan dan tahun pembuatannya, dokumen-dokumen penting sangat diperlukan agar proses berkendara dapat berlangsung lebih lancar.

Sebelum membeli, pastikan motor memiliki semua dokumen yang diperlukan, seperti STNK, BPKB, faktur pembelian, dan bukti-bukti perawatan. Pastikan pula motor telah dilengkapi Nomor Induk Kendaraan (NIK) yang sesuai. 

5. Harga Pasar dan Anggaran

image source: motorcycleclassics.com

Faktor paling penting dan paling utama yang harus diperhatikan sebelum membeli motor trail antik, adalah uang. Tentunya, motor trail antik memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan motor trail yang saat ini dijual di pasaran. 

Sebelum membeli, lakukan riset terlebih dahulu mengenai harga motor trail antik yang akan dibeli. Pastikan motor yang akan dibeli sesuai dengan budget yang dimiliki. Agar lebih baik, siapkan dana tambahan untuk perawatan dan hal-hal lain. 

Perlu diingat, membeli motor trail antik membutuhkan banyak pertimbangan. Tidak hanya dari segi biaya ketika membeli, melainkan juga dari segi biaya perawatan, baik untuk jangka pendek atau panjang. Sebelum membeli, pastikan motor harus dicoba terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat keamanan dan kenyamanannya yaa, braaapers!