Tips & Trick

Teknik Sederhana Bongkar Pasang Pijakan Kaki Motor

By: VMX Media | 11/10/2022 | 701
Teknik Sederhana Bongkar Pasang Pijakan Kaki Motor

NEWS.VMX.ID – Pijakan kaki atau footpeg motor menjadi salah satu bagian yang rentan mengalami masalah saat melakukan offroad. Orang yang senang melakukan offroad tentu harus memahami dengan baik cara membongkar dan memasang pijakan kaki motor agar bisa melakukannya sendiri apabila terjadi masalah.

Sama seperti setang, hand grip, dan tuas rem, pijakan kaki pada motor adalah bagian yang perlu diperhatikan. Apabila mengalami kerusakan, harus segera diperbaiki atau diganti. Hal ini perlu dilakukan agar kita dapat tetap berkendara dengan aman dan nyaman.

Ada beberapa alat yang perlu disiapkan ketika akan membongkar dan memasang pinjakan kaki motor. Alat-alat tersebut di antaranya adalah palu, obeng crosshead, kunci Allen T, kunci pas 8mm, dan sikat gigi bekas. Setelah perlengkapan ini lengkap, kita bisa mulai membongkar dan memasang pijakan kaki motor.

Proses pembongkaran dan pemasangan pijakan kaki motor pertama-tama dilakukan dengan melepas pin utama pijakan kaki motor. Teknik untuk melepas pin tersebut adalah dengan memegang pijakan kaki dan pegas oleh satu tangan sambil tangan yang lainnya mendorong pin keluar. Pada situasi ini tekanlah bagian atas pegas oleh ibu jari untuk melepaskan tekanan pada pin, lalu dorong pin keluar.

Pada tahap ini kita bisa memanfaatkan alat seperti obeng crosshead atau alat lain yang sekiranya bisa digunakan. Yang pasti, diameter alat tersebut harus lebih kecil dari pin pijakan motor agar lebih memudahkan proses ini.

Teknik memegang pijakan kaki dan mendorong pegas ke bawah dengan ibu jari ini sebetulnya untuk melepaskan ketegangan yang cukup sehingga pin mengambang keluar. Untuk menyesuaikan sudut pijakan kaki dan mencari arah yang pas untuk pin, kita perlu menggoyangkannya sedikit.

Setelah selesai dilepas, langkah selanjutnya adalah memasang kembali pijakan kaki pada motor. Namun, sebelum itu, kita perlu memeriksa kondisi gantungan pijakan kaki dan rangka terlebih dahulu untuk mengetahui apakah terjadi keausan atau keretakan yang membuat pijakan kaki tidak kokoh.

Biasanya, perbaikan lebih sulit daripada saat melepaskan pijakan kaki motor. Oleh karena itu, pada proses ini kita perlu sabar dan ekstra hati-hati. Salah satu hal yang perlu diperhatikan juga ketika mengganti pijakan kaki aftermarket adalah cocok atau tidaknya dengan mounting footpeg.

Saat siap, lakukanlah penekanan sisi atas pegas dan masukkan obeng atau alat lain yang lebih kecil dari lubang pin melalui rangka/pijakan kaki/pegas dan mengeluarkannya dari sisi yang lain.

Pada tahap ini pastikan melakukannya dengan arah yang berlawanan dengan cara pemasangan pin dan jangan lupa jauhkan wajah serta mata dari proses pemasangan pegas.

Langkah selanjutnya adalah menemukan pin pijakan kaki di ujung alat yang digunakan. Pegang pijakan kaki dengan kuat sambil menggoyangkannya, lalu tekan pegas dengan ibu jari bagian atas saat mendorong pin dengan cepat. Pin kemudian akan secara efektif menggantikan alat.

Selama proses ini tangan yang kuat diperlukan untuk memegang pijakan kaki saat ibu jari menekan bagian pegas dan tangan yang lain mendorong pin. Tekanan konstan dan kuat pada pin akan membuatnya mengatur posisi pijakan kaki pada motor.

Nah, itulah teknik sederhana membongkar dan memasang pijakan kaki pada motor. Selamat mencobanya.