NEWS.VMX.ID– Hand grip? Ya sebuah bantalan berbasis karet yang di kolaborasi dengan bahan dan material lainnya. Jangan sepelekan fungsi hand grip, karena banyak menentukan kenyamanan, keamanan dan tentunya tingkat performa pengendara. Kenapa? Karena selain power mesin, handling, pada pengendara motor juga perlu sepasang hand grip dalam ber-akselerasi.
Pembalap motorcross, paling banyak menghadapi problem penyesuaian pada alas setang kemudi tersebut. Yang dihadapi oleh crosser selain perlu tingkat kenyamanan menggengam setang dalam meainkan gas dan kopling, berikut semburan lumpur.
Beberapa kesenangan dalam sensasi berkendara kan hilang jika kehilangan kendali, makanya membutuhkan pegangan stang terbaik yang memberikan daya kontrol, sensitivitas, dan cengkeraman superior.
Grip motorcross umumnya berdiameter 2.0 dengan berbagai tingkat keunggulan pada tiap merek. Ciri utama hand grip terbaik adalah : Mudah dipasang dan mudah dilepas, memberikan peredaman getaran yang cukup, kenyamanan luar biasa, cengkeraman yang kokoh, dan dibuat untuk bertahan pada perjalanan yang paling sulit sekalipun.
Fungsi utama hand grip atau pegangan pada motorMotocross, ada perbedaan dibanding jenis balap lainnya : Menentukan penempatan keseimbangan dan kekuatan tangan untuk melompat, melayang, atau mendaki lereng bukit hampir 90 derajat. Adalah bagian penting dari peralatan yang membuat pengendara tetap aman. Makanya para crosser memilih karakter grip lebih kuat cengkeramannya yang diteruskan oleh daya kontrol maksimal.
Setiap pebalap motocross, ketika cengkeramannya lebih kuat akan memberi Anda kontrol yang lebih baik. Tetapi setang juga terhubung ke roda depan motor, memungkinkan untuk lebih merasakan seberapa banyak kontrol yang dimiliki dan menyesuaikan.
Akan sangat menjengkelkan dan bahkan berbahaya, jika hand grip tidak memiliki tekstur yang tepat, ukurannya tidak tepat, atau bahkan terlepas.
Rekomendasi dalam memilih Pegangan setang atau handgrip, ada lima faktor untuk memastikan kualitasnya , yaitu: Bahan, Tekstur/pola, Pengurangan getaran, Ukuran,Metode Instalasi
Bahan: Masing-masing tipe dan merek Grip setang tidak dibuat sama, biasanya dibuat dengan bahan komposit padat, sedang, lunak, atau multi-kepadatan. Masing-masing memiliki pro dan kontra sendiri dari berbagai sisi.
Komposit lembut sesuai dengan tangan dan licin, memberi cengkeraman yang baik dan meredam getaran yang terbaik. Masalah dengan cengkeraman lembut adalah bahwa lebih sering bergesekan dengan kulit pengendara, menyebabkan lecet dan membuat sarung tangan lebih cepat aus.
Komposit keras atau kokoh memberikan cengkeraman paling sedikit tetapi akan bertahan lebih lama dan tidak akan menyebabkan tergores lecet. Komposit sedang berada di antara keduanya. Tidak bagus dalam meredam getaran tetapi juga bukan yang paling tahan lama.
Komposit multi-densitas melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh komposit menengah: menjadi yang terbaik dari dunia komposit lunak dan keras.Jenis ini, memiliki senyawa ganda atau bahkan tiga lapis, dengan komposit interior yang keras dikelilingi oleh komposit eksterior yang lembut.
Tekstur atau pola terdapat tiga grip berbeda yaitu:
Ada tiga pola grip yang berbeda, yaitu : Waffle, Diamond, Pillow, Ketiga pola ini dibuat untuk mencoba meningkatkan cengkeraman pengendara.
Tekstur wafel memberikan cengkeraman yang kuat, bahkan dalam kondisi berlumpur, tetapi tidak dengan cakupan penggunaan lebih lama secara penuh. Pola berlian memberikan lingkar tipis untuk pengendara bertangan kecil dan memberikan pegangan yang kuat dan pengalaman yang lebih nyaman. Dan Untuk tekstur pillow bagian atas dengan bantalan yang memiliki kemampuan meredam getaran dan cengkeraman yang hebat dalam kondisi basah, tetapi mungkin terlalu besar untuk pengendara bertangan kecil.
Grip motocross dengan ukuran diameter 1-⅛”, Cukup mudah untuk membedakan mana yang dibutuhkan dengan mengambil pita pengukur dan melilitkannya di sekitar area penjepit di tengah karena akan memiliki keliling yang sama dengan pegangannya. Setang 1-⅛” adalah favorit pengendara tipikal keras yang membutuhkan kekuatan ekstra.
Pengurangan Getaran berbanding dengan ukuran dan bahan baku, ukuran ketebalan,juga berkaitan pengurangan getaran. Genggaman profil rendah akan memungkinkan pengendara menangani handling lebih maksimal. tetapi pegangan yang lebih besar biasanya akan lebih pas di tangan dan mengurangi getaran lebih baik.