Pengaruhi Kesehatan Tubuh, 5 Hal Ini Akan Terjadi bila Jok Motor Kurang Nyaman Digunakan

By: Ramadhan Abizar | 03/08/2023 | 108
Pengaruhi Kesehatan Tubuh, 5 Hal Ini Akan Terjadi bila Jok Motor Kurang Nyaman Digunakan

VMXMedia.ID – SALAH satu hal yang wajib diperhatikan ketika ngetrail, adalah kenyamanan dalam berkendara. Kenyamanan dalam berkendara, dapat terjadi ketika pengendara menemukan posisi duduk yang tepat. 

Seringkali, pengendara sulit menemukan posisi duduk yang tepat ketika berkendara. Salah satu penyebabnya, adalah penggunaan jok motor yang kurang nyaman. Mungkin terlihat sepele, namun penggunaan jok motor yang kurang nyaman akan mempengaruhi berbagai faktor, salah satunya faktor kesehatan. Terlebih untuk jangka waktu yang panjang. 

Jika penggunaan jok motor ketika ngetrail terasa kurang nyaman, ada 5 hal yang kemungkinan dapat terjadi. Berikut adalah penjelasannya.

1. Gangguan Kesehatan

Faktor utama yang akan mempengaruhi ketidaknyamanan penggunaan jok motor ketika ngetrail, adalah kesehatan. Jok motor yang tidak nyaman, dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot tubuh, terutama pada otot punggung, pinggang dan lutut. 

Jika dibiarkan, akan menimbulkan masalah kesehatan seperti nyeri punggung, pegal-pegal, bahkan cedera pada bagian tertentu. Perlu diingat, efek tersebut dapat memberi pengaruh jangka panjang terhadap pengendara. 

2. Gangguan Konsentrasi

Ketidaknyamanan penggunaan jok motor ketika ngetrail, akan mengganggu konsentrasi pengendara. Akibatnya, pengendara akan kehilangan fokus, sehingga akan meningkatkan resiko kecelakaan.

Hal ini dapat berakibat fatal terhadap pembalap. Apabila jok motor kurang nyaman digunakan ketika balapan, pembalap dapat gagal meraih posisi teratas dan beresiko kecelakaan ditengah balapan berlangsung. 

3. Kelelahan ketika Ngetrail

Secara otomatis, apabila penggunaan jok motor kurang nyaman ketika ngetrail, pengendara akan kurang nyaman selama perjalanan berlangsung. Akibat ketidaknyamanan tersebut, pengendara akan gampang merasa kelelahan dan sulit menikmati momen ketika ngetrail

Kelelahan yang dirasakan pengendara akibat ketidaknyamanan penggunaan jok motor, juga dapat mengurangi daya tahan ketika berkendara.

4. Pengendalian terhadap Motor yang Buruk

Penggunaan jok yang tidak nyaman, akan menyulitkan pengendara untuk dapat mengendalikan motor dengan baik. Pengendalian motor yang tidak baik, dapat meningkatkan resiko kecelakaan.

Dalam balapan, ketidaknyamanan dalam penggunaan jok dapat membuat pembalap sulit menghadapi medan yang menantang, atau membuat sulit untuk melakukan manuver yang tepat. 

5. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Efisien

Ketika pengendara merasa tak nyaman dengan penggunaan jok motor, pengendara akan cenderung melakukan gonta-ganti posisi atau bergerak lebih banyak, hingga akhirnya berhasil mendapatkan kenyamanan. Tindakan tersebut dapat mengurangi penggunaan bahan bakar sehingga menjadi tidak efisien. 

Itulah 5 hal yang akan terjadi apabila penggunaan jok terasa kurang nyaman ketika digunakan ngetrail. Apabila jok motormu mulai terasa tidak nyaman ketika ngetrail, pastikan untuk segera menggantinya yaa, braaapers!