Manakah yang Lebih Baik, Motocross atau Grasstrack?

By: Angga Kuntara | 04/04/2023 | 940
Manakah yang Lebih Baik, Motocross atau Grasstrack?

OLAHRAGA motocross dan grasstrack bagaikan anak kembar: serupa tapi tak sama. Keduanya merupakan balap motor yang dijalankan di jalur tanah yang berliku, curam, dan tak rata. Namun apakah perbedaan di antara keduanya?

Dari segi motor yang digunakan, motocross menggunakan motor special engine yang secara khusus diperuntukkan di lintasan balap. Sedangkan, grasstrack menggunakan motor yang dijual bebas di pasaran, namun dimodifikasi sesuai dengan standar balap.

Sementara dari segi perlombaan, balap motocross ditentukan berdasarkan hitungan menit sebagai acuan finish. Sedangkan, grasstrack ditentukan berdasarkan jumlah lap sebagai acuan finish.

Mungkin braaapers merasa bimbang untuk memilih antara motocross atau grasstrack, terutama sebagai pemula yang baru terjun ke dunia motor trail. Untuk menjawab kebimbangan tersebut, perhatikan 3 hal berikut ini:

1. Sesuaikan dengan Motor yang Digunakan Sehari-hari

image source: motorplus-online.com

Motor yang digunakan sehari-hari ketika berpergian akan menentukan kenyamanan dalam berkendara. Ketika kenyamanan telah didapatkan, hal tersebut akan menumbuhkan minat pengendara untuk berkendara dengan motor serupa. 

Jika motor yang digunakan sehari-hari adalah motor biasa yang dijual bebas di pasaran, grasstrack adalah pilihan yang tepat. Braaapers bisa memodifikasi motor yang dimiliki agar sesuai dengan standar balap mulai dari ban, sasis rangka, hingga body kit. 

2. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki 

image source: detik.com

Untuk bisa terjun ke dunia motocross ataupun grasstrack, tentunya perlu biaya yang tidak sedikit. Sekedar informasi, untuk memodifikasi motor biasa menjadi motor trail bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta.

Sebagai langkah awal, braaapers bisa memilih grasstrack karena biaya modifikasi motor grasstrack terbilang murah, mulai dari belasan hingga puluhan juta. Namun jika ada budget lebih, motocross dapat menjadi pilihan yang lebih tepat. 

3. Sesuaikan dengan Lingkup Pertemanan

image source: newslampungterkini.com

Braaapers pasti memiliki satu atau lebih teman yang juga penghobi motor trail. Lingkungan pertemanan dapat menentukan momen yang tepat untuk memilih jenis motor trail yang tepat. 

Jika braaapers berada di lingkup pertemanan yang bermain motocross, pilihlah motocross. Namun jika berada berada di lingkup pertemanan yang bermain grasstrack, pilihlah grasstrack

Intinya, jika braaapers menyukai tantangan yang memacu adrenalin, motocross dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun jika lebih suka mengelilingi sirkuit dengan kecepatan tinggi, grasstrack adalah pilihan yang tepat. Pahami pula kondisi fisik dan mental sebelum memilih antara motocross dan grasstrack.