Mabar Ngetrail Saat Musim Kemarau Panjang, Apa Saja yang Mesti Dipersiapkan?

By: Angga Kuntara | 26/09/2023 | 203
Mabar Ngetrail Saat Musim Kemarau Panjang, Apa Saja yang Mesti Dipersiapkan?

VMXMedia.ID TAHUN ini, musim kemarau nampak berjalan cukup panjang. Hal ini terlihat jelas dari curah hujan yang sudah lama tidak mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. 

Di musim kemarau panjang ini, biasanya banyak orang menghabiskan waktunya untuk berkegiatan di area outdoor. Seperti hiking, pergi ke pantai, dan tentu saja berkendara motor trail. Bermain olahraga garuk tanah di musim kemarau seperti ini memang paling tepat dilakukan. 

Ada 5 hal yang harus diperhatikan pengendara agar ngetrail tetap aman dan nyaman di tengah kemarau panjang seperti saat ini. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Gunakan Pakaian yang Tepat

image source: alpinestars.com

Di musim kemarau panjang seperti ini, pakaian adalah ornamen yang tepat agar tetap aman dan nyaman saat beraktivitas. Tak terkecuali, ketika ngetrail.

Gunakan pakaian yang ringan, nyaman, serta adaptif terhadap cuaca panas. Pastikan juga pakaian yang digunakan dapat menyerap keringat dengan baik dan tak menyebabkan bau badan. 

2. Gunakan Kacamata Pelindung

image source: oneal-b2b.com

Pada musim kemarau, matahari akan bersinar lebih menyengat. Hal tersebut tentu akan mengganggu pandangan mata ketika ngetrail.

Gunakan goggles atau kacamata pelindung untuk melindungi mata dari sinar matahari yang menyengat ketika ngetrail. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dalam berkendara.

3. Gunakan Tabir Surya

image source: freepik.com

Ketika ngetrail di musim kemarau, bukan hanya mata saja yang harus dilindungi, melainkan kulit juga harus dilindungi. Kulit harus mampu terlindungi dari sinar matahari agar tetap cerah dan sehat.

Gunakan tabir surya atau sunblock ketika ngetrail. Agar lebih maksimal, gunakan tabir surya dengan kadar SPF yang tinggi, kemudian oleskan ke seluruh tubuh secara merata. 

4. Bawa Bekal Makanan dan Minuman yang Cukup

image source: mommiesdaily.com

Pastikan untuk selalu membawa bekal makanan yang ringan dan tahan lama ketika ngetrail pada saat musim kemarau panjang. Seperti kacang atau buah-buahan kering. Hindari membawa makanan yang dapat membuat tubuh menjadi lemas.

Selain makanan, tidak lupa untuk membawa bekal air minum yang cukup ketika ngetrail agar selalu terhidrasi. Perlu diingat, musim kemarau yang panjang dengan cuaca yang sangat panas seperti sekarang, dapat menyebabkan dehidrasi. 

5. Perhatikan Prakiraan Cuaca

image source: kptv.com

Meskipun kemarau panjang akan kecil kemungkinannya untuk turun hujan, namanya cuaca tidak dapat diprediksi. Hujan bisa turun secara tiba-tiba. 

Sebelum mulai ngetrail, perhatikan prakiraan cuaca yang akan menghampiri. Waspadai perubahan cuaca mendadak yang dapat terjadi di musim kemarau. Lebih baik, disarankan untuk membawa berbagai perlengkapan untuk melindungi dari dari hujan. 

Meskipun ngetrail di musim kemarau terbilang aman, tetap saja tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Semoga dengan memperhatikan 5 tips di atas, kamu bisa semakin aman dan nyaman untuk ngetrail di tengah kemarau panjang seperti saat ini yaa, braaapers!