Intip 6 Faktor dalam Memilih Handguard yang Tepat untuk Motor Trail

By: Ramadhan Abizar | 16/03/2023 | 317
Intip 6 Faktor dalam Memilih Handguard yang Tepat untuk Motor Trail
Handguard motor trail (image source: marketing.acerbis.it)

NEWS.VMX.ID – Ketika Braaappers trabasan atau berkendara, tidak cukup hanya memerhatikan perlindungan untuk tubuh, siku, atau lutut saja. Melainkan juga harus memperhatikan perlindungan untuk tangan Anda. 

Braaappers dapat melindungi bagian tangan ketika trabasan dengan handguard. Handguard akan melindungi tangan dari berbagai hambatan seperti ranting dan dahan pohon ketika berkendara di jalur yang tak rata.

Meskipun demikian, Braaappers tak bisa sembarangan dalam memilih handguard untuk motor trail. Perhatikan berbagai faktor dalam memilih handguard dengan perlindungan serta kenyamanan maksimal. Berikut adalah 6 faktor dalam memilih handguard yang tepat untuk motor trail:

1. Jenis Handguard

Full-wrap handguard (image source: enduro21.com)

Perlu Braaappers ketahui, handguard terdiri dari dua jenis: full-wrap handguard dan open-end handguard

Perbedaan dari keduanya adalah, full-wrap handguard akan melindungi tangan secara penuh (handlebar dan grip) sementara open-end handguard hanya melindungi bagian atas dari tangan saja. 

Braaappers tinggal pilih mana jenis handguard yang cocok dari kedua jenis tersebut. Semua itu bergantung kepada kebutuhan serta preferensi Braaappers dalam menggunakan handguard

2. Bahan Handguard

Handguard tersedia dari bahan plastik, alumunium, dan baja (image source: enduro21.com)

Handguard tersedia dalam berbagai bahan mulai dari plastik, alumunium, hingga baja. 

Pada umumnya, plastik memiliki bahan yang lebih ringan serta mudah diolah. Sementara alumunium dan baja memiliki bahan yang lebih berat dan pengolahannya cenderung lebih rumit. 

Braaappers dapat memilih handguard dengan bahan yang memiliki kekuatan serta ketahanan yang tinggi. 

3. Bentuk Handguard

Handguard berbentuk segitiga (triangular handguards) (image source: drydsalemotorcycles.co.uk)

Handguard hadir dalam bentuk berbeda-beda. Pada umumnya, handguard berbentuk oval, segitiga, hingga bulat. Selain memiliki perbedaan bentuk, ketiganya memiliki karakteristik yang dapat memengaruhi performa motor trail.

Handguard berbentuk oval cenderung memberikan perlindungan lebih luas di bagian atas dan bawah tangan, handguard berbentuk segitiga memberikan perlindungan lebih baik terhadap cabang pohon atau hambatan yang dekat dengan bagian atas tangan, sementara handguard berbentuk bulat akan melindungi tangan bagian atas dengan sifat yang mudah dilepas-pasang.

Bentuk handguard yang berbeda-beda ini akan memberikan kesan unik pada motor trail. Namun Braaapers harus memilih bentuk handguard yang pas dan nyaman untuk melindungi kedua tangan.

4. Warna Handguard

Handguard tersedia dalam berbagai varian warna (image source: instagram.com/polisport_id)

Handguard tersedia dengan warna yang berbeda-beda. Umumnya, handguard berwarna hitam, putih, hijau, orange, kuning, merah, dan gold.

Braaappers dapat memilih warna handguard yang tepat sesuai dengan selera Braaappers. 

5. Kualitas Handguard

Pastikan Anda memiliki handguard dengan kualitas yang baik dan tahan lama (image source: motodomains.com)

Seperti yang telah dijelaskan pada poin nomor dua, handguard tersedia dalam berbagai bahan seperti plastik, alumunium, dan baja. Ketiga bahan tersebut tentu memiliki kualitas yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, Braaappers harus dapat memastikan bahwa handguard yang digunakan memiliki kualitas yang baik dengan bahan yang tahan lama. Pastikan pula bahwa handguard telah terpasang dengan aman dan kuat. 

6. Merek Handguard

Pastikan memiliki handguard dengan merek terpercaya dalam dunia motor trail (image source: twitter.com/acerbisUK)

Kualitas yang dimiliki sebuah barang bergantung erat pada merek barang tersebut. Merek atau brand sebuah barang yang sudah dikenal luas masyarakat dapat dipastikan memiliki kualitas yang sangat baik. 

Sama halnya dengan handguard. Braaappers harus memilih merek handguard yang terpercaya dan telah terbukti dalam dunia motor trail

Kesimpulan 

Dalam memilih handguard yang tepat untuk motor trail, Braaappers harus mampu memilih handguard dengan bahan berkualitas tinggi yang kuat dan tahan lama. Handguard yang baik akan melindungi tangan serta memastikan keamanan Braaappers ketika berkendara di jalur yang tak rata.