Written by Munandar Nuch Arsih
VMXMedia.ID – Dalam kompetisi balap, selain skill dan kualitas motor, kemampuan memanfaatkan momentum di trek juga menentukan kemenangan pembalap. Perbedaan antara pembalap pemula dan pembalap pro bukanlah kecepatan tertinggi, melainkan kecepatan keseluruhan yang konstan.
Jika diperhatikan dengan saksama, semua akan terkejut dengan betapa sedikitnya pembalap pro yang menggunakan rem mereka. Alasanya, mereka tidak ingin menghambat momentum terbaik jika berlebihan saat mengerem.
Pembalap yang berkompetisi di kejuaraan utama adalah raja momentum. Mereka memaksimalkan traksi dan kapasitas tenaga untuk mengayunkan diri di sekitar trek. Mereka tahu ke mana mereka akan pergi, bahkan sebelum balapan dimulai. Pada giliran pertama, mereka menempatkan diri mereka pada posisi terbaik untuk memanfaatkan putaran kedua sebaik-baiknya.
Berikut adalah beberapa trik yang biasa dilakukan para pembalap pro agar bisa meraih kemenangan.
1. Mengurangi kecepatan
Mengurangi kecepatan adalah salah satu trik para pembalap kelas raja mendapatkan momentum terbaik. Mereka jarang mengerem karena rem adalah musuh momentum. Pembalap pro mengurangi kecepatan dengan cara pindah ke gigi rendah, untuk kemudian dengan tenaga yang besar, langsung putar gas secara maksimal.
2. Melakukan perpindahan gigi
Perpindahan gigi di tikungan menjadi salah satu trik untuk mendapatkan momentum kecepatan.
3. Memaksimalkan traksi
Tujuan memaksimalkan traksi adalah untuk menghindari bagian depan atau belakang motor lepas, yang berakibat pada hilangnya momentum. Kehilangan traksi dapat disebabkan oleh kurangnya kontrol throttle, pengereman yang agresif, posisi tubuh yang salah, atau ban yang salah untuk lintasan. Pembalap harus mampu membuat ban menempel ke tanah jika ingin mengalir di tikungan dengan cepat.
4. Kontrol throttle
Lakukan kontrol throttle dengan melakukan gerakan membuang kopling, menahan throttle untuk tetap terbuka lebar, dan menggerakkan tanah dengan halus dan konsisten.
5. Rem belakang banyak digunakan untuk bersiap menikung
Tujuan dari trik ini adalah untuk memastikan seorang pembalap bisa menyelesaikan tikungan lebih awal dari pembalap lain. Rem belakang sulit digunakan saat duduk dan melakukan pengereman sampai habis. Melepas rem belakang saat melalui tikungan akan membantu menjaga motor tetap pada jalur yang diinginkan.
Nah, itulah beberapa trik teknis pembalap pro yang bisa braaapers lakukan untuk menjadi pembalap yang lebih andal. Selamat mencoba dan berlatihlah dengan hati-hati, ya!