Coaching Clinic Penting Dilakukan untuk Bekal Para Pembalap Motocross dan Enduro

By: VMX Media | 26/05/2023 | 164
Coaching Clinic Penting Dilakukan untuk Bekal Para Pembalap Motocross dan Enduro
Fahmi Ahmad Fauzi

BANDUNG, VMXMedia.ID – Banyaknya kecelakaan di trek enduro atau motocross antara lain disebabkan tindakan pengendaranya. Hal ini berkaitan dengan kenyataan, motor juga butuh pengendalian dan kontrol berkendara yang baik.

Agar bisa mengendalikan motor dengan baik, pengendara bisa mengikuti coaching clinic.  Ini adalah bimbingan singkat dalam bentuk pelatihan. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan sesi perseorangan. Tujuannya, untuk penguasaan terhadap pengetahuan dan kecakapan di bidang tertentu.

Coaching clinic di bidang motocross ini sangat penting. Hal ini berkaitan dengan edukasi keselamatan berkendara yang diperlukan,” jelas Fahmi Ahmad Fauzi, pembalap enduro, supermoto, dan motocross dari tim DK Racing.

Menurut Fahmi, tujuan dan pentingnya kegiatan ini bukan hanya untuk mendidik seseorang menjadi pembalap yang jago ngegas saja. “Setidaknya kita ngasih pembekalan tentang riding skill, safety riding-nya, dan juga perlu dibekali mekanikal praktis. Hal ini akan sangat membantu jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan di mana pun dan kapan pun,” jelasnya

Modal konsentrasi saja tidak cukup. Pengendara membutuhkan penguasaan terhadap teknik skill saat bermanuver di tanjakan, belokan, turunan, bahkan jumping sekalipun. Tentunya teori di kelas saja tidak cukup. Sesekali harus turun ke trek yang medannya beragam, seperti bebatuan, lumpur yang sangat dalam, tanah kering, dan akar pohon.


Gimana menurut braaapers? Sudah siap ngegas di weekend ini? (aa)