VMXMedia.ID – Kalau Braaapers sering melihat balapan motocross atau grasstrack, pasti sadar bahwa teknik menikung atau cornering di cabang olahraga garuk tanah ini berbeda dengan balapan motor di aspal seperti MotoGP. Alih-alih menggunakan teknik knee down, pembalap motocross dan grasstrack justru menjulurkan kaki bagian dalam ke depan dalam posisi lurus.
Sekilas, gaya kaki menjulur ini memang terlihat nyeleneh dan mungkin dianggap cuma gaya-gayaan agar keren. Padahal, di balik gaya khas ini, ada perhitungan yang matang demi menjaga keseimbangan dan kecepatan saat menikung, lo! Yuk, kita bahas lebih dalam.
1. Adaptasi dengan Medan yang Tidak Rata
Di balapan aspal, pembalap menggunakan teknik knee down, lutut menyentuh aspal untuk membantu menikung lebih tajam. Namun, teknik ini tidak bisa diterapkan di motocross. Lintasan motocross itu terkenal ekstrem dengan berbagai rintangan dan kondisi permukaan yang berubah-ubah, hingga tidak rata seperti dipenuhi longsoran tanah, lubang, hingga rut (cekungan bekas ban motor). Gaya kaki menjulur ke depan ini membantu pembalap beradaptasi dan menjaga kontrol motor di medan yang sulit sekalipun. Jika lutut menyentuh tanah, risikonya justru bisa menyebabkan crash karena terkena bebatuan atau rut yang dalam. Itulah kenapa kaki pembalap dalam motocross justru lurus dan tidak menekuk ke samping.
2. Menjaga Keseimbangan dan Distribusi Bobot
Saat menikung, motor mengalami perubahan gaya gravitasi dan traksi. Dengan menjulurkan kaki sebelah dalam, pembalap bisa menyeimbangkan bobot tubuh agar motor tetap stabil dan tidak mudah tergelincir. Dengan kata lain, hal ini dilakukan agar titik keseimbangan motor tidak gampang goyah dan mencegah risiko terjatuh. Ini sangat penting terutama di tikungan yang licin.
3. Bantu Motor Lebih Nurut Saat Diajak Belok
Kaki yang dijulurkan ke depan juga berfungsi sebagai “jangkar” tambahan. Saat menikung, kaki ini membantu memberikan tekanan pada bagian dalam footpeg. Alhasil, motor jadi lebih mudah dikendalikan dan “nurut” saat diajak belok.
4. Meningkatkan Traksi Roda Depan
Dengan posisi tubuh lebih condong ke depan dan kaki dalam dijulurkan, otomatis berat badan pembalap akan sedikit berpindah ke roda depan. Ini membantu meningkatkan traksi, sehingga roda depan lebih menempel ke tanah dan mengurangi risiko understeer (motor terlalu lurus di tikungan).
5. Sebagai Stabilisator Darurat
Teknik ini juga berfungsi sebagai penyeimbang darurat jika roda depan kehilangan grip, terlalu miring, atau motor mulai keluar jalur. Kalau roda depan mulai selip, kaki bisa digunakan untuk menahan dan membantu pembalap mengembalikan keseimbangan sebelum kehilangan kendali sepenuhnya.
6. Membantu Menentukan Motor ke Jalur yang Diinginkan
Kaki yang dijulurkan juga bisa membantu menentukan arah tikungan. Dalam kondisi tertentu, sedikit tekanan dari kaki ke permukaan tanah bisa memberi tambahan kontrol terhadap arah motor, terutama saat menghadapi rut (jalur cekungan) di tikungan.
7. Mempermudah Akselerasi Keluar Tikungan
Ketika menikung, pembalap harus berpindah dari fase pengereman ke akselerasi secepat mungkin. Dengan menjulurkan kaki, mereka bisa lebih fokus pada throttle control tanpa terlalu khawatir kehilangan keseimbangan. Ini membantu mereka keluar dari tikungan lebih cepat dan lebih stabil.
8. Butuh Kontrol Maksimal pada Rem dan Gas
Di motocross, menikung bukan hanya soal membelokkan motor, tapi juga mengatur kombinasi rem dan gas dengan sangat presisi. Jika terlalu banyak mengerem, motor bisa kehilangan momentum. Namun, kalau terlalu cepat membuka gas, roda bisa kehilangan traksi dan selip. Menjulurkan kaki membantu pembalap menjaga keseimbangan saat melakukan transisi antara pengereman dan akselerasi keluar tikungan.
Menjulurkan kaki saat menikung bukan sekadar refleks, tapi teknik yang membutuhkan latihan dan pengalaman. Pembalap profesional menghabiskan waktu berjam-jam untuk melatih postur tubuh yang benar, waktu yang tepat untuk menjulurkan kaki, dan cara terbaik untuk mengatur keseimbangan di setiap jenis tikungan.
Jadi, kalau Braaapers mau jago menikung di lintasan motocross, pastikan kamu menguasai teknik ini! Dengan latihan yang konsisten, kamu bisa makin stabil dan cepat saat melibas tikungan di jalur off-road. (dpu)