JAKARTA, VMXMedia.ID – Kawasaki tipe KLX adalah pemimpin pasar motor trail di Indonesia. Badan yang lebih ringan dan ramping menjadi alasan mengapa hingga kini banyak di antara braaapers yang mencari Kawasaki KLX 150 bekas untuk keperluan sehari-hari atau trail riding.
Dikutip dari gridoto.com bahwa harga yang di patok dimulai dari Kawasaki KLX 150, pabrikan lain pun turut masuk ke segmen motor trail, seperti Honda dengan CRF150L atau Yamaha melalui WR 155R.
Kondisi mulus, harga motor bekas Kawasaki KLX 150 2014 dijual miring banget nih di sini gengs. Yap, di bursa motor bekas (motkas) Kawasaki KLX 150 2014 sudah semakin terjangkau. Motor bekas Kawasaki KLX 150 2014 ini cocok banget buat yang ingin trabasan.
Nah, sepeda motor yang mampu hidup di “dua dunia” seperti Kawasaki KLX 150 ini pastinya mampu melewati berbagai medan ekstrem. Meski memberikan rasa percaya diri karena kemampuan trabasan tanpa batas, beberapa elemen motor ini patut mendapat perhatian, sebelum braaapers memutuskan untuk mengoleksinya.
Beberapa bagian bisa berkarat atau keropos jika tidak hati-hati. Kawasaki KLX 150 Unitrack peredam kejut mudah berkarat dan menimbulkan benturan keras. Lengan ayun tengah shockbreaker di bawah Unitrack jadi kaku kalau dibiarkan lama. “Swingarm tengah tuh di shockbreaker bawah uni-track nya keras kalau sudah kelamaan,” ujar Iping, dari Roby Steam bengkel spesialis Trail, Jakarta Barat.
Berikut contoh 5 permasalahan lain yang sering terjadi pada motor bekas Kawasaki KLX 150 2014 dikutip dari idntimes.
- Motor tersendat atau tiba-tiba berhenti.
Tidak jarang mesin KLX tersendat atau mati.Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah kecil: sistem pengapian. Untuk mengatasi masalah ini, periksa gelung di sisi kanan rangka depan. Pastikan spul bebas dari air, dan kotoran lainnya, serta alasnya kendor.
2. Peredam kejut Unitrack terasa kaku.
Ini mungkin salah satu masalah yang paling sering ditemui pada driver KLX 150. Gejala ini ditandai dengan shockbreaker belakang yang terasa kaku. Biasanya hal ini dikarenakan unitrack sudah berkarat atau kotor. Oleh karena itu, pemeliharaan unitrack harus dilakukan secara berkala. Namun, jika braaapers bisa membongkarnya sendiri, kamu cukup membersihkannya dan menambahkan sedikit passlin atau minyak. Selain itu, pastikan unitrack dan komponen lainnya berfungsi dengan baik.
3. Transmisi Macet
Masalah ini juga sering terjadi pada KLX 150. Masalah ini dapat disebabkan oleh dua hal: roda gigi atau pegas berbentuk U pada roda gigi. Namun untuk girboks, hal ini sangat jarang terjadi, apalagi jika sepeda motornya tergolong baru. Oleh karena itu, masalah ini kemungkinan besar disebabkan oleh pegas U yang rusak atau putus. Untuk perbaikannya braaapers hanya perlu menggantinya dan harganya sangat terjangkau yaitu sekitar Rp20.000. Namun pemasangannya cukup memakan waktu karena harus membuka sisi kanan mesin.
4. Setang Terasa Berat Saat Diputar
Setang terasa berat saat diputar Masalah ini sebenarnya disebabkan oleh dua faktor. Pertama, penyesuaian kemudi terlalu cepat. Kedua, kondisi setir jelek atau berkarat. Masalah pertama mudah diperbaiki. Kendurkan sedikit sekrup di bagian atas setir. Namun, jika masalah kedua terjadi, kamu harus menggantinya. Harga kemudi atas dan bawah biasanya Rp300-400.000.
Semoga KLX150 milik braaapers baik-baik saja ya. (reg)