6 Tips Memilih Sepatu Trail yang Tepat untuk Keamanan dan Kenyamanan Berkendara

By: Delisti Putri Utami | 30/03/2023 | 312
6 Tips Memilih Sepatu Trail yang Tepat untuk Keamanan dan Kenyamanan Berkendara
Bisakah Alpinestars Tech 10 Dipakai Adventure?

VMX.ID – BERPETUALANG di medan off-road dengan sepeda motor taril memang menyenangkan. Agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman, braaapers membutuhkan perlengkapan yang tepat. 

Salah satu perlengkapan  yang sangat penting adalah sepatu trail yang memiliki keamanan dan kenyamanan. Bagi braaapers yang sedang mencari sepatu trail yang tepat, bisa mengikuti beberapa tips berikut ini, ya.

1. Pilih sepatu dengan bahan yang tahan lama dan mampu menyerap keringat

Sepatu trail harus tahan lama untuk menahan segala jenis medan yang dilalui. Sebaiknya pilih sepatu yang terbuat dari bahan yang tahan lama seperti kulit atau bahan sintetis. Bahan kulit adalah yang paling tahan lama, tetapi lebih mahal. Bahan sintetis biasanya lebih terjangkau dan ringan.

Pastikan braaapers memilih sepatu trail yang berbahan 3D Mesh juga. Bahan ini memungkinkan penyerapan keringat yang lebih cepat dan kaki tidak kepanasan.

2. Pilih sepatu dengan perlindungan yang cukup dan berengsel

Perlindungan sangat penting untuk menjaga kaki dari benturan dan luka. Sebaiknya pilih sepatu trail yang dilengkapi dengan pelindung pada jari kaki, tumit, dan pergelangan kaki.

Sementara itu, engsel membantu braaapers untuk bergerak secara mudah dari satu tempat ke tempat yang lain.

3. Pilih sol yang kuat dan nyaman

Sol sepatu yang kuat akan memberikan traksi yang baik saat berkendara. Selain itu, pilih sol yang nyaman untuk digunakan seharian. Sol sepatu dengan bantalan yang cukup akan membuat pengendara merasa nyaman dan terhindar dari lecet atau kaki terasa sakit.

Di dunia off-road ada sol sepatu trail yang standar dan enduro. Sol standar biasanya dipakai untuk balapan, sedangkan sol enduro biasanya digunakan untuk adventure ataupun enduro.

4. Pilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki

Pastikan ukuran sepatu trail yang dipilih sesuai dengan ukuran kaki. Sepatu yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat membuat kaki tidak nyaman dan tidak aman saat berkendara.

5. Pilih sepatu dengan desain yang ergonomis

Desain ergonomis sangat penting agar pengendara dapat berkendara dengan nyaman dan aman. Pilih sepatu dengan desain yang memungkinkan pengendara untuk menekan tuas rem dan gigi dengan mudah. Sepatu yang mudah digunakan akan membuat pengendara merasa nyaman dan aman saat berkendara.

6. Pilih sepatu dengan teknologi khusus

Beberapa merek sepatu trail dilengkapi dengan teknologi khusus seperti teknologi tahan air, sistem ventilasi yang baik, dan fitur khusus lainnya. Sebaiknya pilih sepatu dengan teknologi yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan.

Dalam memilih sepatu trail yang tepat, pastikan braaapers mempertimbangkan faktor-faktor di atas. Sepatu trail yang tepat akan membuat perjalanan lebih nyaman, aman, dan menyenangkan.