Tips & Trick

4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan dan Persiapkan Sebelum Trabasan

By: Delisti Putri Utami | 02/03/2023 | 232
4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan dan Persiapkan Sebelum Trabasan

VMX.ID – Bagi orang yang menyukai kegiatan yang menantang dan menguji adrenalin, akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk pergi menjelajah alam seperti gunung dengan menggunakan motor trail. Kegiatan ini disebut dengan adventure. Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang lebih suka menyebut kegiatan ini dengan istilah trabas atau trabasan.

Selain mampu memacu adrenalin, trabasan dengan motor trail juga diyakini dapat menjadi sarana berlibur yang seru. Saat trabasan kita akan melewati jalur off-road yang umumnya berupa tanah dan bebatuan yang sangat licin. Dalam situasi ini, ketahanan tubuh dan motor sangat dibutuhkan.

Keseruan event Mostly2stroke (Foto: doc. pribadi)

Beratnya medan yang harus ditempuh membuat trabasan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk kemulusan perjalanan trabasan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan, terutama oleh para pemula yang baru akan main trabasan.

Kondisi Tubuh Harus Fit

Saat akan melakukan trabasan, pastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan fit. Fisik harus dalam kondisi sehat dan siap karena ketahanan fisik ini menjadi salah satu hal yang berperan penting demi kelancaran menjelajah alam dengan motor trail. 

Selain itu, melewati jalur trabasan juga cukup menguras tenaga. Oleh karena itu, sebelum melakukan trabasan, pastikan waktu istirahat kita sudah cukup. Olahraga ringan setiap hari seperti push-up, sit-up, ataupun jogging juga sangat membantu untuk menjaga keoptimalan stamina.

Motor Harus dalam Keadaan Prima

Motor peserta event Mostly2stoke (Foto: doc. pribadi)

Selain kondisi fisik pengendara harus baik, motor juga harus dalam keadaan prima. Sebelum melakukan trabasan, kita harus melakukan pengecekan terhadap motor. Hal ini perlu kita lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mesin bermasalah.

Hampir semua bagian motor perlu dicek. Beberapa di antaranya adalah mesin, rem, pengapian, rantai, kopling, kabel gas, transmisi, lampu-lampu, minyak dan kampas rem, keoptimalan shockbreaker, kebersihan karbu, sampai ganti oli mesin.

Pengecekan motor ini bisa dilakukan secara mandiri ataupun dengan bantuan orang bengkel.

Gunakan Perangkat yang Safety

Perlengkapan yang safety tentu perlu digunakan untuk menunjang keselamatan karena tidak jarang jalur trabasan yang kita lewati mempunyai karakter yang berat dan ekstrem sehingga potensi terjatuh pun sangat besar.

Beberapa perlengkapan safety yang harus kita gunakan saat trabasan adalah satu set protectors, helm khusus off-road, sarung tangan, sepatu trail, jersey khusus off-road, dan goggles.

Perlengkapan Penunjang

Acerbis Water Satuh Drink Bag jadi pilihan terbaik agar tidak kehausan saat trabasan (Foto: doc. pribadi)

Perlengkapan penunjang yang harus dipersiapkan sekaligus dibawa saat trabasan adalah toolkit set untuk sepeda motor. Peralatan ini akan kita perlukan untuk memperbaiki sepeda motor apabila terjadi kerusakan.

Selain toolkit set motor, kita juga perlu mempersiapkan bekal makanan atau minimalnya air minum untuk mengisi energi di sela-sela istirahat. Agar lebih praktis dan efektif, kita bisa menggunakan hydrobag. Salah satu hydrobag yang bisa kita pakai adalah Acerbis Water Satuh Drink Bag.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum melakukan trabasan. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!