Yamaha Rilis Motor Petualangan Kelas Menengah Tenere 700 Edisi Terbaru, Setangguh Apa?

By: VMX Media | 06/11/2024
Yamaha Rilis Motor Petualangan Kelas Menengah Tenere 700 Edisi Terbaru, Setangguh Apa?
Foto: www.yamaha-motor.eu

BANDUNG, VMXMedia.ID – Yamaha baru saja merilis update motor petualangan kelas menengah Tenere  700  yang telah direvisi untuk tahun 2025. Setelah eksis sejak dikeluarkan pada 2019 lalu, kini hadir dengan pembaruan yang signifikan. 

Seperti dilaporkan TMCBlog.com, meskipun siluet keseluruhan sepeda motor petualangan tetap sama, para desainer Yamaha telah membuat perubahan yang halus, termasuk memindahkan tangki bahan bakar 16 liter ke depan dan ke bawah untuk menciptakan keseimbangan yang lebih baik dan mengurangi rasa berat di bagian atas.

Jok didesain untuk pergerakan yang lebih baik di sekitar sepeda motor, dan di bagian depannya, braaapers akan menemukan sedikit revisi pada bodywork yang desainnya berlayer dan dengan lampu LED, sehingga membuatnya terlihat tangguh dan kokoh.

Tampilan tangguh ini dipadukan dengan suspensi baru. Pada varian standar, suspensi ini terdiri dari garpu depan up-side down 43 mm yang dapat disetel sepenuhnya dengan jarak travel suspensi depan 210 mm. Versi jok rendah (860 mm, turun dari 875 mm) memiliki travel yang sedikit lebih pendek yaitu 190 mm.

Yoke triple-T juga baru, dengan klem bawah dari bahan aluminium tempa dan bagian atas aluminium cast yang  memberikan kekuatan tambahan. Pijakan kaki terbaru dibuat 10mm lebih lebar, spek yang pertama kali terlihat pada edisi World Raid tahun 2022 kini juga akan hadir pada varian standar.

Di luar sasis, mesin parallel twin-nya juga telah diperbarui dan dipasangkan dengan  sistem throttle ride-by-wire untuk memungkinkan pengaplikasian beberapa riding mode. Braaapers mendapatkan pilihan Sport atau Explorer, dengan mode Explorer punya mapping pengapian mesin yang lebih lembut antar-keduanya.

Saluran masuk udara yang lebih pendek juga membantu memberikan kurva torsi yang lebih tebal, dengan penyesuaian lain termasuk gearbox baru untuk perpindahan gigi yang lebih halus, dan penutup kopling didesain baru untuk mengurangi kontak dengan kaki pengendara.

Peningkatan teknologi lainnya termasuk dashboard TFT berwarna dengan lebar 6,3 inci, yang terletak vertikal seperti Road Book reli. Ini akan membantu dengan beralih di antara mode, serta mengaktifkan dan menonaktifkan sistem ABS.

Spesifikasi Teknis:

– Bodi dan lampu depan baru

– Suspensi depan dan belakang yang dapat disetel

– Layar TFT berwarna penuh 6,3″ baru dengan konektivitas smartphone.

Throttle elektronik YCC-T dengan dua riding mode.

– ABS dan TCS yang dapat diganti melalui tombol khusus.

– Mesin Crossplane (CP2) versi terbaru 690cc, dua silinder, 4 katup, DOHC, berpendingin cairan, mesin Euro 5+

Switchgear dan lampu sein baru

– Jok bergaya reli one-piece baru

– Varian Tenere 700 low-height tersedia dengan tinggi jok lebih rendah 15mm

– Penutup kopling baru untuk mengurangi gangguan pada kaki rider

– Pijakan kaki lebih lebar

Handguard model baru dengan warna senada bodi

– Sakelar standar samping yang diperbarui.

Yamaha diklaim ingin membawa Tenere mereka ke tingkat berikutnya dengan membuat versi Rally, yang langsung dibedakan dengan skema cat biru Yamaha herritage livery dan spatbor depan pada posisi tinggi. Posisi berkendara juga lebih tegak dengan tinggi jok 910 mm.

Hmmm…kapan ya masuk Indonesia? Kita tunggu aja ya braaapers! (day)